ASEAN Scholarship, Beasiswa Favorit Mahasiswa Indonesia di Thailand (Now Opening)

Oleh: Heri Akhmadi, M.A.

Tulisan mengenai “ASEAN Scholarship, Beasiswa Favorit Mahasiswa Indonesia di Thailand” ini adalah bagian dari serial tulisan “Kuliah di Thailand” yang sudah saya tulis sebelumnya. Saya tulis khusus mengenai ASEAN Scholarship (AS) karena ini salah satu beasiswa rutin yang dirilis oleh pemerintah Thailand, melalui beberapa kampus yang ada di sana, khususnya kampus pemerintah atau universitas negeri ternama seperti Chulalongkorn University, Mahidol University dan Kasetsart University.

Sebagaimana sudah saya tulis sekilas di tulisan saya sebelumnya mengenai “7 Beasiswa Kuliah di Thailand”, ASEAN Scholarship merupakan salah satu beasiswa favorit yang banyak diminati oleh mahasiswa Indonesia. Beasiswa ini, sesuai dengan namanya memang beasiswa yang hanya diperuntukkan bagi mahasiswa asing yang berasal dari negara-negara ASEAN, meliputi Indonesia, Malaysia, Singapura, Philipina, Brunei, Vietnam, Myanmar, Laos dan Kamboja. Sebagaimana disebutkan dalam panduan beasiswa ASEAN Scholarship, salah satu alasan dari diluncurkannya beasiswa ini merupakan bagian dari program Internasionalisasi perguruan tinggi di Thailand.

Pada saat saya kuliah di Thailand, “ASEAN Scholarship” ini merupakan beasiswa favorit bagi mahasiswa Indonesia. Hampir sebagian besar mahasiswa Indonesia kuliah di Thailand waktu itu, merupakan awardee dari beasiswa ini.

Foto bersama para penerima beasiswa ASEAN Scholarship di Chulalongkorn University

Beasiswa ASEAN Scholarship ini, secara umum untuk kuliah pasca sarjana (postgraduate), baik S2 maupun S3 yang bersifat full scholarship S2/S3 dengan biaya penuh. Namun demikian ada juga skema untuk short course, yaitu beasiswa kuliah singkat satu semester (6 bulan) dengan biaya penuh juga. Untuk yang short course umumnya untuk mahasiswa S1. Biaya penuh disini meliputi biaya kuliah full (tuition fee), biaya hidup selama kuliah (stipend) dan biaya perjalanan pulang-pergi ke negara asal (tiket pesawat).

[Baca: HOT NEWS – Chulalongkorn University Scholarship Program for ASEAN and NON–ASEAN Countries 2020]

Selain itu ada juga kampus yang menawarkan beasiswa ASEAN Scholarship untuk studi S1, seperti halnya di Mahidol University. Menurut Mahidol University International College, ada 8 beasiswa ini bagi pelajar lulusan SMA dari negara ASEAN per tahun dimana 4 orang full free tuition fee, dan 4 orang ditanggung free 50% tuition fee. Lebih detail mengenai beasiswa ASEAN Scholarship di Mahidol University bisa dilihat di sini.

Nilai Tanggungan Beasiswa ASEAN Scholarship

Beasiswa ASEAN Scholarship ditawarkan untuk jangka waktu maksimal 2 tahun bagi program master/S2, dan 3 tahun untuk program doktoral/S3. Komponen beasiswanya meliputi: tuition fee (biaya kuliah), biaya hidup (stipend/living cost) dan biaya perjalanan pulang pergi dari dan ke negara asal. Untuk tuition fee besarannya tergantung jurusan masing-masing, tapi ini ga usah dipikirkan karena akan otomatis dibayarkan oleh kampus.

Adapun besaran nilai beasiswanya yang berupa biaya hidup (stipend/living cost) adalah 16.000 baht per bulan (sekitar Rp 7 juga, kurs 1 baht Rp. 439 – April 2018). Jumlah yang lebih dari cukup untuk hidup di Bangkok, dengan catatan bagi  yang masih single. Bagi yang bawa keluarga tentu perlu extra hemat mengatur keuangan dengan anggaran segitu perbulan. Kecuali mau tinggal agak jauh dari Bangkok sehingga bisa menghemat biaya sewa apartemen dan lebih murah biaya hidupnya. Pengen tahu lebih detail mengenai biaya hidup di Thailand, bagaimana mencari tempat tinggal di Thailand silakan baca tulisan saya mengenai “Memilih Tempat Tinggal dan Menghitung Biaya Hidup Kuliah di Thailand”.

Persyaratan Beasiswa ASEAN Scholarship

Secara umum persyaratan beasiswa ASEAN Scholarship cukup simple. Anda hanya perlu mengirim berkas saja, tanpa perlu ujian atau pun wawancara. Ini pengalaman saya. Tentu dengan catatan jika tidak ada permintaan khusus dari jurusan atau calon pembimbing/profesor untuk melakukan wawancara. Karena ada beberapa kawan yang diminta wawancara terlebih dahulu oleh jurusan yang dituju. Lebih detail mengenai persyaratan beasiswa ASEAN Scholarship adalah sebagai berikut:

  • Pelamar merupakan lulusan/alumni dari kampus di negara ASEAN
  • Bersedia pulang kembali ke negaranya setelah lulus kuliah di Thailand
  • Berusia kurang dari 35 tahun (ini syarat terbaru untuk tahuh 2018, sebelumnya syarat maksimal 35 tahun hanya untuk studi S3)
  • IPK/GPA minimal 3,25 (skala 4)
  • TOEFL paper based (ITP) minimal 500 atau 173 TOEFL computer based test , atau IELTS minimal 5.0
  • Proposal ringkas thesis/disertasi
  • 2 recommendation letters dari profesor/pembimbing dan atau atasan bagi yang sudah bekerja
  • Bersedia menjadi Teaching Assistant (TA)

Informasi terbaru untuk tahun 2018 baru saja dibuka aplikasi pendaftarannya untuk periode mulai kuliah bulan Agustus 2018. Lebih detail mengenai  beasiswa ASEAN Scholarship khususnya di Chulalongkorn University almamater saya bisa dilihat di sini. Adapun petunjuk teknis dan form pendaftarannya bisa didownload di bawah ini atau kunjungi situsnya  di sini.

Guide_to_ASEAN_Scholars_1st2018

CU_ASEAN_AppForm_1st2018

Note:

Featured image credit by inter.comart.chula.ac.th

51 comments

  1. […] detail mengenai  ASEAN Scholarship , khususnya di Chulalongkorn University bisa dilihat pada tulisan saya mengenai “ASEAN […]

    Like

  2. […] baca di sini. Termasuk artikel terbaru mengenai seputar kuliah di luar negeri seperti beasiswa ASEAN Scholarship, dan beasiswa-beasiswa lainnya yang ditawarkan untuk kuliah di Thailand, tips mencari […]

    Like

  3. Sherina imelda · · Reply

    Min gw mau nanya, tes TOEFL atau IELTS itu susah gk? Trus apa bedanya?

    Like

    1. Mba Sherina, kalau masalah susah ga itu relatif dari masing2 orang. Pengalaman sy IELTS lebih menantang daripada TOEFL. Tapi jika dipersiapkan dengan baik insyaAllah bisa saja. Doakan sy ada waktu untuk menulis pengalaman sy terkait hal itu.

      Like

  4. Denny Saptono Fahrurodzi · · Reply

    Assalamualaykum

    Nama saya Denny Saptono Fahrurodzi, alumnus S1 Kesmas UI, lulus tahun kemarin. Tahun ini saya diterima di Chulalongkorn College of Public Health Science untuk S2. Alhamdulillah, saya juga ditawarkan beasiswa ASEAN.

    Kalau kakak berkenan, bolehkah saya bertanya sedikit tentang proses pendanaan ASEAN scholarship? Saya sudah kirim email ke kakak. Terima kasih sebelumnya.

    Like

    1. Wa’alaikumsalam warahmatullah…boleh sekali mas Denny, insyaAllah sy balas emailnya.

      Like

  5. Raihan D · · Reply

    Pak saya mau nanya untuk beasiswa S1 di universitas Thailand ada apa aja ya pak?dan untuk pembukaannya biasanya kapan?….. Oh iya pak saya juga mau nanya untuk kelas internasional programs di thailand lebih mahal apa lebih murab ya dari indonesia?

    Like

    1. Mas Raihan, wah pertanyaannya banyak sekali. Kalau beasiswa kuliah s1 sementara masih jarang kecuali program exchange student dan biasanya sudah ada kerjasama dengan universitas asal di Indonesia. Lainnya berkaitan dengan biaya kuliah sy kira relativ, tergantung jurusan dan program studi. Secara umum untuk program Internasional sy kira hampir sama.

      Like

  6. […] detail mengenai  ASEAN Scholarship , khususnya di Chulalongkorn University bisa dilihat pada tulisan saya mengenai “ASEAN […]

    Like

  7. […] lanjut mengenai “ASEAN Scholarship, Beasiswa Favorit Mahasiswa Indonesia di Thailand” silakan baca di link berikut […]

    Like

  8. ANITA ANDI · · Reply

    assalamualaikum
    salam kenal pak
    nama saya Anita Andi asal aceh mohon petunjuknya ya pak tentang beasiswa s2 boleh….makasih

    Like

    1. Wa’alaikumsalam warahmatullah…salam kenal Mba Anita, monggo silakan kalau ada yang mau didiskusikan. Secara detail bisa email ke saya.

      Like

  9. Nenden Nurjanah · · Reply

    Assalammualaikum pak. saya ingin bertanya, jika kuliahnya S1 kelas karyawan bisa daftar ASEAN Scholarship tidak ya?

    Like

    1. Wa’alaikumsalam warahmatullah…setahu saya untuk ASEAN Scholarship tidak ada pembedaan kelas karyawan atau reguler Bu Nenden. Persyaratan tergantung jurusan yang dituju.

      Like

  10. […] bahkan dibandingkan dengan mengakses beasiswa di dalam negeri. Pengalaman saya sendiri mendapat ASEAN Scholarship di Chulalongkorn University cukup dengan mengirimkan berkas-berkas persyaratan dan tinggal […]

    Like

  11. Sarah NK · · Reply

    Selamat siang pak,

    ini setiap tahun periode pembukaan beasiswanya kapan ya ?
    terus jurusan apa saja yang diberikan beasiswa ? semua jurusan atau hanya tertentu saja ?

    Terima kasih.

    Like

    1. Pagi Mba Sarah, untuk ASEAN Scholarship setiap tahun sekali. Jurusan yang dibuka kalau di Chula semua jurusan, tp tidak tahu di kampus lain karena beberapa kampus di Thailand juga ada schema beasiswa ini seperti di Mahidol Univ, Kasetsart dll.

      Like

  12. Wernando · · Reply

    Selamat sore, Pak?
    Saya mau bertanya, adakah link lebih lanjut untuk informasi lebih banyak mengenai Beasiswa ASEAN ini?
    Saya cari di internet isinya lebih banyak tentang Beasiswa ASEAN Singapura sehingga saya bingung karena memang niatnya Beasiswa ASEAN Thailand. Kalau boleh saya tahu email Bapak untuk berdiskusi lebih lanjut. Terima kasih.

    Like

    1. Pagi Wernando, untuk link sementara yang ada di artikel. Untuk web dari kampus memang belum ada yang spesifik membahas tentang beasiswa ASEAN. Tapi dari link di artikel saya insyaAllah sudah cukup kalau untuk sekedar mempersiapkan persyaratan dan pendaftaran. Silakan kalau ada yang mau didiskusikan bisa ke email sy di: heriakhmadi@gmail.com

      Like

  13. Oh kenapa IPK ku 3,4

    Like

    1. masih cukup untuk apply itu

      Like

  14. diky budiman · · Reply

    assalamualaikum pak, izin bertanya.. untuk asean schoolarship apakah ada setiap tahun? khsusunya untuk program doktoral di chulalongkorn university.. saya sudah membaca tentang beasiswa mahidol university yang bapak tulis, sayangnya PHD di bidang ekonomi tidak tersedia.. apakah di asean schoolarship akan ada PHD bidang ekonomi? terima kasih pak..

    Like

    1. Wa’alaikumsalam warahmatullah…untuk ASEAN Scholarship setahu sy tiap tahun ada, tp waktunya tidak sama tiap tahun. Untuk asean scholarship di Chula bisa untuk semua jurusan.

      Like

  15. pak, untuk dapat beasiswa s2 di thailand, kalau asal kampus s1 nya bukan termasuk kampus akreditasi A, bagaimana pak ? karena perguran tinggi di kepulauan riau (kepri) blum ada yg berstatus A.

    Like

    1. Setahu sy tidak ada ketentuan beasiswa dr Thailand yg mensyaratkan akreditasi perguruan tinggi asal mahasiswa…paling syarat IPK. Jadi sy kira tidak masalah

      Like

  16. Nuikita Wachid · · Reply

    Halo kak aku mau tanya soal beasiswa asean foundations, kira2 aku kontak kemana ya kak? Soalnya aku agak bingung hehehe

    Like

    1. Wah kalau itu langsung ke ASEAN Foundation nya sj mba…ga ada hubungannya dg ASEAN Scholarship…hehe

      Like

  17. arnas · · Reply

    mas hery hallo salam kenal….saya mau nanya kalo tampa beasiswa brpa kisaran uang kuliah S2 di thailand… mohom penjelasannya ..terima kasih

    Like

    1. Salam kenal mas Arnas…untuk S2 tergantung jurusan/Fakultas mas…saat sy kuliah (2013-2015) di jurusan sy per semester relatif “murah” sekitar 20an ribu baht…tp di faculty of Science ada teman yg bayar 180rb baht…anak teknik bisa sampai 80an ribu baht. (1baht sekitar 450 rupiah)

      Like

  18. Assalamualaikum kak. Untuk bulan terbukanya beasiswanya di Tahun 2019 bulan apa yah kak ?

    Like

    1. Wa’alaikumsalam warahmatullah…untuk tahun 2019 belum ada pengumuman, coba cek rutin ke website graduate school chula.

      Like

  19. Salam kenal pak heri. Saya tertarik ingin kuliah di Thailand terkhusus di jurusan kependidikan, karena sekarang saya sdg menempuh S1 kependidikan (PGSD). Syaa ingin bertanya pak, kalau di Univ.Chulalongkorn ada S2 untuk kependidikan tidak? Saya juga ingin meminta bimbingan bapak lebih lanjut pak, karena ada beberapa yang belum saya mengerti. Bolehkah? Terimakasih sebelumnya.

    Like

    1. Salam kenal juga Mba Lika, terima kasih sudah mampir di blog sy. Di Chula ada Faculty of Education, semacam FKIP, tentu ada pascasarjana nya juga…Chula juga punya demonstration school di komplek kampus. Silakan kalau ada yg mau di diskusikan.

      Like

  20. Irlinza Farah Embarsari · · Reply

    Assalamualaikum Wr. Wb.
    Salam kenal Pak Heri.
    Terima kasih untuk info beasiswanya, sangat bermanfaat untuk teman-teman lainnya, pasti.
    Jika tidak keberatan, bolehkah saya meminta CP Pak Heri? ada beberapa hal yang akan saya tanyakan dan dalam waktu dekat ini saya akan berkunjung ke Thailand, jika berkenan mungkin kita bisa bertemu, Terima kasih.

    Like

    1. Boleh, silakan email ke sy sj ya

      Like

  21. Harry · · Reply

    Assalamualaikum pak Heri, apakah beasiswa ASEAN ini ada untuk mahidol univ ya pak? saya tertarik melanjutkan s3 di mahidol, karena ada 1 prof yang klop dengan bidang saya. terima kasih

    Like

    1. Mahidol tahun ini juga ada beasiswa untuk mahasiswa dr ASEAN, ada tulisan sy khusus tentang itu. Bisa dibaca detail informasinya.

      Like

  22. […] berkaitan dengan informasi yang diposting oleh Ms.Nangfha Valentine, atau dikenal oleh para grantee ASEAN Scholarship sebagai “Pi Ting” yang juga sebagai admin dari grup ini. Beliau adalah Person in Charge […]

    Like

  23. Idhea Cantika · · Reply

    Assalamualaikum Pak Heri, saya Idhea. Saya dari dulu tertarik untuk melanjutkan studi Master ke Thailand khususnya Chula, untuk mekanisme apply beasiswa sendiri adakah pengecualian program studi pak? Seandaiya saya diterima di Chula kemudian saya baru meng-apply beasiswa tsb berapa besar kemungkinan untuk saya diterima/ditolak beasiswa pak.
    Terima Kasih

    Jika berkenan bapak bisa berbagi pengalaman terkait teknis pendaftaran beasiswa pak, ini email saya, hidheaa99@gmail.com

    Like

    1. Wa’alaikumsalam warahmatullah…
      Pagi Idhea, untuk mekanisme pendaftaran beasiswa pada dasarnya sama untuk semua prodi di Chula. Yang berbeda biasanya adalah mekanisme penerimaan di tiap jurusan. Misalnya ada yang mengharuskan kita menghubungi/mendapatkan calon supervisor dulu sebelum mendaftar, tp ada yang tidak mengharuskan mekanisme ini. Jadi langsung daftar ke jurusan. Untuk peluang diterima, keputusan paling besar ada di jurusan/prodi. Jadi selama jurusan sudah menerima/lulus, hampir pasti/otomatis beasiswa diterima. Silakan kalau perlu diskusi lebih detail lewat email sy di heriakhmadi@gmail.com. Semoga terwujud rencananya studi di Chula. Thks

      Like

  24. Assalamualaikum, Mas Heri. Saya Asri, saya tertarik untuk belajar di Thailand dan sudah melihat informasi terkait S2 di sana. Hal yang ingin saya tanyakan, apakah pengajuan beasiswa ini bersamaan dengan pendaftaran ke kampusnya? atau saya harus menjadi mahasiswa disana dahulu, baru bisa mengajukan beasiswa? Terima kasih

    Like

    1. Wa’alaikumsalam warahmatullah…Mba Asri, kalau beasiswa ASEAN Scholarship itu satu paket seleksinya dg seleksi masuk di prodi/jurusan yg dituju. Jadi pendaftarannya sekalian pendaftaran seleksi kuliahnya

      Like

  25. […] dan S3 (PhD). Dan termasuk dalam kegiatan ini adalah kesempatan untuk mendapatkan beasiswa full ASEAN Scholarship dari Chula dengan segala fasilitasnya. Hanya saja kegiatan rekrutmen ini hanya untuk jurusan […]

    Like

  26. tasiambd · · Reply

    selamat malam pak heri.

    saya sebenarnya tertarik studi di thailand terutama di Mahidol University. saya ingin bertanya lebih lanjut mengenai sistem pendidikan kedokteran di thailand, apakah jika sudah jadi dokter (MD) maka dihitung S2 atau S1?

    mohon pencerahannya pak.

    terimakasih banyak

    Like

    1. Selamat malam, maaf slow response. Kalau dokter tetap dihitung sebagai S1 di Thailand. Beberapa teman dokter sy juga ambil master di sana

      Like

  27. […] 8.000 baht per bulan. Jumlah ini menurut saya relatif rendah, bahkan hanya setengah dari livingcost ASEAN Scholarship Chula sebagaimana yang saya pernah dapatkan. Meskipun untuk hidup di Khon Kaen yang relatif tidak sebesar […]

    Like

  28. Muhamad Ihsan ParhanSah · · Reply

    Assalamualaikum, pak. Selamat siang. Terima kasih atas blognya sangat bermanfaat. Namun disini ada yang ingin saya tanyakan. Untuk beasiswa ASEAN Scholarship ke CU, apakah boleh ambil S2 lintas jurusan. Dan jika diperbolehkan dan diterima, apakah diperbolehkan untuk mengambil program S2 trisemester, dan bagaimana mekanisme pendaftarannya? Terima kasih dan sehat selalu.

    Like

    1. Wa’alaikumsalam warahmatullah…Mas Ihsan, tidak ada ketentuan yang mengharuskan mengambil jurusan yang sama, selama jurusan yang dituju itu menerima tidak masalah. Sy dulu S1 agribisnis dari fakultas pertanian, tp ambil S2 jurusan bisnis dan manajemen di fakultas ekonomi Alhamdulillaah tidak masalah. Kalau pilihan model semesternya tergantung dari jurusan juga. Kalau di jurusan saya dulu ada 2 pilihan, bisa trimester bisa seperti biasa. Silakan ditanyakan ke jurusan yang dituju saja.

      Like

  29. Assalamualaikum pak, selamat siang. Saya ingin menanyakan apabila ingin apply beasiswa s2 di univ chula bagaimana cara untuk menghubungi pihak jurusan ya pak? Barangkali mungkin bapak punya saran atau tahu bagaimana caranya. Terimakasih sebelumnya 🙂

    Like

    1. Wa’alaikumsalam warahmatullah…langsung hubungi international relation atau staf admisi di jurusan yang dituju saja…umumnya bisa via email. Atau bisa kontak Ms.Pornarin (Pi Ting), ada kontak HP dan emailnya di guideline beasiswa yg di artikel saya

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: