Khon Kaen University Scholarship 2020

Oleh: Heri Akhmadi, M.A.

Setelah dua kampus besar Thailand, Chulalongkorn University dan Mahidol University gencar melakukan recruitment dengan mengobral beasiswa untuk mahasiswa asing, khususnya mahasiswa dari negara-negara ASEAN. Bahkan dua dalam dua tahun belakangan Chula dan Mahidol telah langsung melakukn recruitment ke Indonesia dan beberapa negara tetangga. Tak ketinggalan dengan Mahidol dan Chula, Khon Kaen University, sebuah kampus di daerah Northeast Thailand, pun melakukan langkah serupa dengan membuka beasiswa untuk mahasiswa asing utamanya dari negara-negara tetangga.

Info mengenai beasiswa KKU Scholarship ini sebenarnya sudah sy dapatkan sejak akhir Januari 2020, tp kesibukan pekerjaan dan deadline yang banyak baru sempat sy tuliskan sekarang. Meski deadline aplikasi beasiswa ini tinggal beberapa hari, sy harap masih bisa bermanfaat bagi pembaca yang berminat kuliah di Thailand atau khususnya di Khon Kaen University.

Kembali ke soal beasiswa KKU Scholarship, sebenarnya ini bukan kali pertama Khon Kaen University membuka beasiswa untuk mahasiswa asing, namun kelihatannya tahun ini yang besar-besaran. Dengan mengusung judul “KKU Scholarship” beasiswa ini dicanangkan.

Tampilan halaman depan website KKU Scholarship

Sasaran Beasiswa: Siapa saja yang boleh mendaftar?

Sesuai dengan poster yang ada di website “KKU Scholarship”, Sasaran utama dari beasiswa ini adalah calon mahasiswa yang berasal dari negara-negara ASEAN and GMS Countries’ Personnel. Kalau negara-negara ASEAN saya kira semua sudah cukup paham, tentu 10 negara anggota ASEAN.

Adapun GMS countries merupakan negara dari Great Mekong Subregion (GMS), yaitu negara-negara di sepanjang aliran sungai Mekong. Menurut Encyclopaedia Britanica dari Sungai Mekong merupakan sungai terpanjang di Asia Tenggara dan ke 12 terpanjang di dunia. Membentang sepanjang 4.350 km dari hulunya di Provinsi Qinghai di bagian selatan China hingga melewati Myanmar, Laos, Thailand, Kamboja hingga Vietnam dan berakhir di laut China Selatan lewat muaranya di kota Ho Chi Min Vietnam. Oleh karena itu, negara-negara dalam Great Mekong Subregion (GMS) adalah mencakup China, Myanmar, Laos, Thailand, Kamboja dan Vietnam.

Ketentuan Beasiswa KKU Scholarship

Info detail mengenai beasiswa ini di website “KKU Scholarship” sudah sangat lengkap, oleh karena itu saya tidak akan menjelaskan secara detail mengenai itu. Saya bantu catat beberapa poin beserta linknya saja , untuk selanjutnya untuk lebih detail bisa cek sendiri di websitenya. Setidaknya ada beberapa hal yang disebutkan di KKU Schularship Guidelines 

  • Eligibility: Be nationals of ASEAN and GMScountries, no more than 40 years old
  • Durasi: Master= 2 tahun, PhD=3 tahun
  • Besaran beasiswa (biaya kuliah, biaya hidup)
  • Deadline: 28 February 2020
  • dll. silahkan buka di KKU Schularship Guidelines 

Catatan: salah satu yang menjadi poin penting dari beasiswa ini menurut sy adalah besaran livingcost atau biaya hidup yang ditanggung oleh Khon Kaen University yaitu sebesar 8.000 baht per bulan. Jumlah ini menurut saya relatif rendah, bahkan hanya setengah dari livingcost ASEAN Scholarship Chula sebagaimana yang saya pernah dapatkan. Meskipun untuk hidup di Khon Kaen yang relatif tidak sebesar Bangkok mungkin cukup (pengalaman saya pernah ke Khon Kaen), namun jika bawa keluarga tentu perlu manajemen keuangan yang handal…hehe

[Baca: Magang Internasional di Khon Kaen University]

Prosedur Pendaftaran

Sebagaimana disampaikan di KKU’s Scholarship Application Procedure, semua dilakukan secara online. Informasi lainnya di bagian ini meliputi timeline dari beasiswa hingga diterima dan mulai kuliah. Diantaranya:

  • Deadline: 28 February 2020
  • Announcement: 10 April 2020
  • Mulai Kuliah: 15 Juni 2020 (first semester), 20 November 2020 (second semester)
  • Detail silakan baca di link: KKU’s Scholarship Application Procedure

Adapun mengenai prosedur pendaftaran secara online bisa dilihat di sini. Sedangkan mengenai dokumen yang diperlukan bisa didownload di sini.

Program Yang di Tawarkan

Ada setidaknya 151 program master dan doktoral dari Khon Kaen Unversity yang ditawarkan dalam skema beasiswa ini. Mulai dari pertanian, kedokteran, teknik, ekonomi, pendidikan hingga sosial humaniora. Lebih detail bisa dilihat list nya di sini.

Catatan: tidak semua program yang ditawarkan merupakan international program, tetapi beberapa adalah reguler program. Umumnya untuk international program perkuliahan menggunakan bahasa pengantar bahasa internasional, biasanya bahas Inggris. Adapun reguler program disampaikan dalam bahasa Thailand. Jadi perlu detail melihat, jangan salah kamar masuk kelas bahasa Thai…hehe. Tapi kalau mau pilih yang reguler juga tidak apa-apa, malah menantang…hehe

[Baca: Belajar Bahasa Thai Untuk Pemula]

Demikian info mengenai KKU Scholarship semoga bermanfaat. Salam perjuangan para pencari beasiswa !

Purwokerto, 16 Februari 2020

References:

  1. Khon Kaen University . 2020. KKU Scholarship
  2. Encyclopaedia Britanica 2020. Mekong River
  3. ADB. 2020. Great Mekong Subregion (GMS)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: