NEW RELEASE…Chulalongkorn University Scholarship 2019, Beasiswa dari Chula untuk Warga ASEAN dan Non-ASEAN

Oleh: Heri Akhmadi, M.A.

Sekitar seminggu yang lalu ada postingan masuk di Grup Facebook Alumni ASEAN Scholarship Chulalongkorn University (Chula) tentang beasiswa yang baru saja dirilis oleh Chula. Pada dasarnya ini semacam pengumuman beasiswa rutin tahunan dari Chula, hanya saja ada yang berbeda untuk tahun ini karena biasanya beasiswa ditawarkan dikenal dengan beasiswa ASEAN Scholarship yang artinya hanya untuk pelamar dari negara-negara ASEAN, serta khusus program pasca sarjana (graduate program).

Hal yang berbeda dari pengumuman beasiswa Chula tahun ini setidaknya ada dua, pertama beasiswa diperuntukkan tidak cuma untuk program pascasarjana (graduate) tetapi juga untuk S1 atau under graduate. Kedua, tidak cuma untuk negara ASEAN saja namun juga untuk Non-ASEAN. Yang terakhri ini sebenarnya tahun-tahun sebelumnya juga ada (beasiswa non-ASEAN), hanya saja biasanya terpisah pengumumannya.

Lebih detail mengenai beasiswanya sebagaimana disebutkan di website Office of Academic Affairs Chula, setidaknya ada 3 skema beasiswa dari Chula untuk tahun ini, yaitu:

  1. Undergraduate Scholarship Program
  2. Graduate Scholarship Program
  3. One Semester Scholarship Program

Pengumuman Chulalongkorn University Scholarship 2019

Adapun detail masing-masing beasiswa adalah sebagai berikut:

Untuk detail sebenarnya saya pengen jelaskan satu-satu, namun keterbatasan waktu kali ini hanya bisa melampirkan petunjuk beasiswa dan formnya. Silakan pembaca cermati sendiri di file yang saya lampirkan pada masing-masing skema beasiswa berikut ini:

#1. Undergraduate Scholarship Program

Untuk detail petunjuk dan form pendaftaran silakan download berikut ini:

#2. Graduate Scholarship Program

Untuk detail petunjuk dan form pendaftaran silakan download berikut ini:

#3. One Semester Scholarship Program

Untuk detail petunjuk dan form pendaftaran silakan download berikut ini:

Deadline lamaran beasiswa:

Selain dengan skema yang baru, pengumuman beasiswa kali ini juga memberikan tenggat waktu (deadline) yang relatif longgar. Pelamar bisa memilih untuk mendaftar untuk perkuliahan tahun 2019 atau 2020. Setidaknya ada waktu untuk mengumpulkan persyaratan bagi yang belum siap dalam waktu dekat. Detail deadlinenya adalah sebagai berikut:

  • Not later than May 31, 2019 for the first semester (Mulai kuliah Agustus 2019)
  • Not later than October 31, 2019 for the second semester (Mulai kuliah Maret 2020)

Demikian semoga bermanfaat. Selamat mendaftar bagi yang berminat, semoga berjodoh kuliah di Thailand.

Purwokerto, 3 Ramadhan 1440 H (8 Mei 2018)

Advertisements

16 thoughts on “NEW RELEASE…Chulalongkorn University Scholarship 2019, Beasiswa dari Chula untuk Warga ASEAN dan Non-ASEAN

  1. Mselamat malam pak heri, untuk juru yg dapat di pilih di program ini apakah seluruh jurusan yg ada di chula university? Atau hanya jurusan tertentu saja pak? Soalnya saya bingung sekali bolak balik check website nya.

    Like

  2. Pak.. Mau tanya, utk beasiswa di CU kan ada tuition fee. Nah, bedanya tuition fee dan academic fee itu apa ya? Terimakasih

    Like

    • Seingat saya tuition fee itu di kita SPP yg dibayar tetap tiap semester, kalau academic fee itu biaya lainnya yg ditentukan program studi/jurusan dan besarannya bisa beda tiap semester atau bahkan ada yg ga ada (di jurusan lainnya). Tp coba ditanyakan lagi ke kontak person jurusannya barangkali ada kebijakan yg berbeda sekarang

      Like

  3. Selamat pagi pak, menyambung pertanyaan yang telah saya email ke bapak saat ini saya sedang bekerja pak, boleh atau tidak ya pak saya tetap menggunakan recommendation letternya dari pihak kampus saya saja ? tidak perlu meminta ke manager atau boss saya ? Terimakasih atas bantuan dan jawabannya pak

    Like

      • Berdasarkan pengalaman bapak sendiri, apakah surat rekomendasi yang bapak gunakan menggunakan kata kata yang sama namun dari rekomendasi orang yang berbeda, atau tiap orang dibuatkan surat rekomendasi yang berbeda pak ?
        Terimakasih pak…

        Like

      • Pada dasarnya rekomendasi terserah dari pemberi rekomendasi mau seperti apa kata-katanya. Jadi otomatis berbeda tiap orang. Namun ada juga beasiswa yang telah menyediakan form rekomendasi untuk diisi, tapi tetap sj isinya berbeda-beda. Karena tanggapan pemberi rekomendasi terhadap yang direkomendasikan pasti berbeda.

        Like

  4. Baik kalau begitu pak heri, saya sangat berterimakasih sekali pak atas informasi dan jawaban yang telah diberikan oleh bapak, semoga dengan rentang waktu yang lumayan panjang masih bisa saya kejar untuk beasiswa tersebut.. sekali lagi terimakasih pak 🙂

    Like

  5. Oh iya pak, apakah hsl tes toelf itu wajib? Apakah tidak bisa di gantikan oleh hasil tes lain seperti scor ijazah d1 bhs iggris dan sejenisnya?

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s