7 Beasiswa Kuliah di Chulalongkorn University Thailand

Oleh: Heri Akhmadi
(Alumni Chulalongkorn University, ASEAN Scholarship Awardee)

Saya sering ditanya baik melalui email ataupun komentar di blog ini mengenai beasiswa untuk kuliah di Chulalongkorn University Thailand, almamater saya. Pada dasarnya topik mengenai beasiswa di Chula ini sudah secara eksplisit saya tulis di beberapa artikel saya sebelumnya misal tentang “7 Beasiswa Kuliah di Thailand” atau “ASEAN Scholarship, Beasiswa Favorit Mahasiswa Indonesia di Thailand” dan artikel saya lainnya yang membahas tentang beasiswa kuliah di Thailand.

Namun demikian, memang untuk artikel khusus beasiswa kuliah di Chulalongkorn University (Chula) belum saya buat tulisannya. Ada beberapa skema beasiswa di Chula yg belum saya tulis di artikel sebelumnya. Tulisan ini saya buat berdasarkan website Gradute School Chula dimana semua informasi beasiswa di Chula ada di sana. Meskipun informasi di laman tersebut juga terbatas karena hanya kumpulan link, dan detail dari beasiswanya harus dilihat satu persatu dengan mendownload guideline beasiswanya. Selain itu beberapa file yg tersedia juga hanya dalam bahasa Thai…hehe

Kalau pembaca ingin melihat langsung lebih detail silakan kunjungi laman Graduate School Chula (klik gambar di bawah) atau klik di sini.

CATATAN: 7 Beasiswa pada artikel ini adalah BEASISWA KHUSUS MASTER dan PhD DEGREE. Untuk beasiswa undergraduate/bachelor degree (S1) silakan baca artikel saya tentang “Beasiswa Beasiswa Undergraduate/Bachelor Degree Scholarship (S1) di Chulalongkorn University Thailand.

Beberapa Beasiswa yang Ditawarkan Oleh Chula

Setidaknya ada 7 beasiswa kuliah di Chulalongkorn University yang ditawarkan Graduate School Chula saat ini:

  1. H.M. the King Bhumibhol Adulyadej’s 72nd Birthday Anniversary Scholarship
  2. The 100th Anniversary Chulalongkorn University for Doctoral Scholarship
  3. Scholarship for International Graduate Students
  4. Teaching Assistant Scholarship
  5. 60/40 Support for Tuition Fee
  6. CU-NSTDA DOCTORAL SCHOLARSHIP
  7. Lifelong Learning Education Scholarship

Adapun detail dari tiap-tiap beasiswa adalah sebagai berikut:

#1. His Majesty the King’s Bhumibhol Adulyadej’s Scholarships

Seperti pernah sy tulis di artikel lainnya, beasiswa ini adalah untuk studi S2 (master) dan S3 (PhD) dari Royal Thai Government (RTG) baik untuk mahasiswa dari Thailand maupun dari negara lain, khususnya dari Asia. Pada tahun 2021 ada 60 lowongan beasiswa PhD dan 40 beasiswa master.

Persyaratan beasiswa:

  1. Be an entry student admitted to study in the Master or PhD program
  2. Be a student in Thesis program only
  3. Not receive teaching assistant (T.A.) Scholarship or Tuition Waiving Scholarship supported by the Faculty or Graduate School or scholarship from other sources

Ada beberapa biaya yang dicover oleh beasiswa ini antara lain:

  • Covers 23,000 THB of University Tuition per trimester (cover Tuition Fee at the rate of Thai student (regardless of your nationality).
  • Monthly stipend of 10,500 THB
  • Roundtrip Transportation for ASEAN Student
  • Materials expense (khusus Ph.D)

Kewajiban sebagai penerima beasiswa:

  • Be a full-time student during the period of scholarship receiving.
  • Work as a teaching assistant (TA) of faculty/college or programs for 6 HRS per week for a half duration of studentship.
  • Submit the signed Teaching Assistant Report to the Graduate School every the end of the month within the 1st week of next month.
  • Submit Study Report and Thesis Progress Report approved by the thesis advisor to the Graduate School every the end of the semester.
  • Submit the Thesis’s Abstract, Approval Page and Acknowledgement in a pdf. file and must specify scholarship support in the Acknowledgement.

Lebih detail mengenai kriteria, maupun ketentuan beasiswanya dari Chulalongkorn University (bisa dilihat di sini). Bisa juga lihat file di bawah ini (catatan: ketentuan dan kriteria beasiswa mungkin berubah tiap tahun, cek update di website Graduate School Chula).

#2. The 100th Anniversary Scholarships

Nama resmi dari skema beasiswa ini adalah The 100th Anniversary Chulalongkorn University Fund for Doctoral Scholarship. Ini merupakan beasiswa khusus program doktoral di Chula. Yang unik, penerima beasiswa ini tidak cuma mahasiswanya, tapi juga pembimbingnya/advisornya.

Persyaratan beasiswa:

  1. Bachelor degree dengan IPK/GPAX min 3.25 atau master degree IPK/GPAX min 3.5
  2. Minimum english proficiency Score: CU-TEP 60,TOEFL 500, or IELTS 5.0

Ada beberapa biaya yand dicover oleh beasiswa ini antara lain:

  • Tuition fees* (3-5 tahun, tergantung kriteria)
  • Monthly Allowance 9.000 baht
  • Research expense
  • Advisor remunerations

Lebih detail mengenai kriteria, maupun ketentuan beasiswanya bisa lihat file di bawah ini:

#3. Scholarship for International Graduate Student

Kalau dilihat dari namanya ini sekilas untuk semua international student, sebenarnya beasiswa ini hampir mirip dengan ASEAN Scholarship. Namun ada yang spesial yaitu adanya komponen “Special/Education Fee” yang kali ini dicover oleh beasiswa ini. Hal ini menjadi catatan penting mengingat beasiswa ASEAN Scholarship dalam 2 tahun ini ada komponen biaya yang dikeluhkan yaitu biaya “Special/Education Fee” yang dipungut oleh fakultas dan dibebankan ke international student. Meskipun biaya ini bervariasi tapi jumlahnya lumayan besar, ada yang sampai 50.000 baht per semester (sekitar Rp. 40 juta rupiah). Jumlah yang cukup besar bagi mahasiswa.

Beberapa biaya yand dicover oleh beasiswa ini antara lain:

  1. Tuition fees*
  2. Monthly Allowance
  3. Accommodation
  4. Transportatiaon
  5. Special/Education fee

Jadi syukurlah kalau kali ini ditanggung oleh Chula. Hal ini sempat disampaikan oleh beberapa awardee ASEAN Scholarship ke saya melalui email dan WA langsung. Karena di “zaman” saya kuliah memang tidak ada komponen biaya itu. ASEAN Scholarship betul2 full scholarship. Kita tinggal duduk tenang kuliah sj…hehe

Laman Graduate School Chula

#4. Teaching Assistant Scholarship

Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa master atau PhD di Chula untuk membantu mereka secara financial dalam belajarnya. Jadi beasiswa ini hanya untuk mereka yang sudah menjadi mahasiwa di Chula. Selain itu, tujuan lainnya adalah untuk memberikan kesempatan bagi student mendapatkan pengalaman menjadi pengajar. Jadi, beasiswa ini bisa menjadi alternatif bagi mereka yang kuliah di Chula secara mandiri atau tidak mendapatkan beasiswa. Pendaftaran beasiswa ini dibuka pada pekan pertama tiap semester. Besaran beasiswa 7.000 baht untuk PhD student dan 5.000 baht per bulan untuk master student. Pada tahun 2021 ada 150 lowongan beasiswa ini yang terbagi sebanyak 80 untuk Phd dan 70 untuk master student.

Persyaratan:

  1. Berstatus sebagai mahasiswa Master/PhD
  2. Mampu mengajar
  3. Tidak sedang menerima beasiswa serupa

Adapun gambaran pekerjaan sebagai Teaching Assistant antara lain:

  • Membantu pelaksanaan/persiapan kuliah
  • Mendampingi pengerjaan tugas kuliah mahasiswa (semacam tutor PR)
  • Sebagai “review speaker” (saya belum begitu paham ini)
  • Dan pekerjaan lain terkait pelaksanaan perkuliahan

Informasi mengenai beasiswa ini masih terbatas karena detailnya guidelinenya hanya tersedia dalam bahasa Thai…hehe. Silakan bagi yang ingin mempelajari detailnya bisa klik di sini.

#5. 60/40 Support for Tuition Fee Scholarship

Saat tulisan ini dibuat tidak ada informasi detail mengenai beasiswa ini di laman Graduate School Chula. Tapi berdasarkan beberapa laman fakultas di Chula, seperti Master of Arts and Doctor of Philosophy in International Development Studies (MAIDS-GRID) beasiswa ini diberikan bagi mahasiswa master atau PhD Chula dengan durasi 1 tahun untuk program master dan 3-4 tahun untuk program doktoral dengan syarat mempunya IPK/GPAX minimal 3.50 (skala 4). Menurut laman Graduate School Chula, pada tahun 2021 ada 140 lowongan beasiswa ini, namun hanya untuk mahasiswa PhD saja.

#6 CU-NSTDA Doctoral Scholarship

Beasiswa ini merupakan kolaborasi antara Chulalongkorn University dan the National Science and Technology Development Agency (NSTDA) dalam rangka mengembangkan penelitian di bidang science dan teknologi.

Persyaratan:

  1. IPK/GPAX >= 3.5 (Master degree holder)/ GPAX >= 3.25 (bachelor degree holder)
  2. English Proficiency Requirement: TOEFL score of 525 (paper-based)/80 (internet-based) or, IELTS* score of 5.5, or, CU-TEP test>67.

Menurut panduan ada 10 lowongan tiap tahun untuk beasiswa ini, hanya saja untuk tahun 2021 (berdasar laman Graduate School Chula) tidak ada lowongan untuk beasiswa ini. Lebih detail mengenai beasiswa ini silakan download panduannya di sini (hanya tersedia dalam bahasa Thai…hehe)

#7. Lifelong Learning Education Scholarship

Belum ada detail penjelasan mengenai skema beasiswa ini di laman Graduate School Chula, jadi mohon maaf saya belum banyak cerita tentang beasiswa ini. Silakan kalau pembaca ada referensi mengenai ini bisa ditambahkan ke kolom komentar.

Demikian 7 Beasiswa Kuliah di Chulalongkorn University yang saat ini ditawarkan oleh Chula, khususnya untuk level master (S2) dan PhD (S3). Semoga bermanfaat bagi yang berencana melanjutkan kuliah (master/PhD) di Chula. Ataupun bagi anda yang sudah diterima di Chula dan sedang mencari funding untuk membiayai kuliahnya. Semoga bermanfaat.

Purwokerto, Rabu 12 Mei 2021 (30 Ramadhan 1442 H)Updated: 18 Mei 2021

DISCLAIMER: Detail mengenai kriteria, jumlah lowongan, coverage, maupun ketentuan beasiswa kuliah di Chulalongkorn University mungkin berubah tiap tahun/tiap waktu, cek update di website Graduate School Chula atau di website jurusan/fakultas yang dituju.

***********

References:

  1. Graduate School Chula. 2021. Education Scholarship.
  2. MAIDS Chula
  3. IAA POLSCI Chula
  4. Feature image credit to Wikidata.org.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: