HOT NEWS!!!…Beasiswa Full Scholarship S2 dan S3 dari Mahidol University Thailand: Active Recruitment and On-site Interview Khusus untuk Pelajar Indonesia

Oleh: Heri Akhmadi, M.A.

Satu hari yang lalu, tepatnya Sabtu, 12 Januari 2019 sekitar pukul 11 siang saya dikejutkan dengan sebuah email dari Thailand. Tidak tanggung-tanggung email ini merupakan email resmi dari salah satu staf Faculty of Graduate Studies kampus terkenal di Thailand, Mahidol University. Pengirimnya adalah Pi (sebutan panggilan) Lalita atau lengkapnya Lalita Adulyakittiphaisan. Saya sendiri tidak kenal secara langsung dengan beliau, tapi cukup familiar namanya karena pernah tahu dari istri saya yang alumni Mahidol. Saya memang pernah pernah beberapa kali ke Graduate Studies Mahidol di Salaya menemani istri saya jika ada urusan di sana, namun saya tidak pernah berurusan secara langsung dengan beliau ataupun Graduate Studies dan saya juga bukan alumni Mahidol. Oleh karena itu agak heran juga koq saya diemail beliau.

Btw, kita lupakan keheranan saya dapat kiriman email dari Pi Lalita. Yang penting untuk dibahas adalah isi dari email itu. Pesan utama dari emailnya adalah pengumuman dari Faculty of Graduate Studies Mahidol University mengenai rencana melakukan “Active Recruitment dan On-site Interview” untuk penerima beasiswa dari Mahidol tahun 2019 yang akan dilaksanakan di Bali dan Jakarta pada bulan Maret 2019 besok. Dan meminta saya untuk membantu mensosialisasikan informasi ini. Berikut detail emailnya:

Email Pi Lalita dari Faculty of Graduate Studies Mahidol tentang Penerimaan Beasiswa S2/S3 tahun 2019

Ada beberapa point penting dari email Pi Lalita di atas:

  1. Mahidol menyediakan beasiswa penuh S2 dan S3 khususnya bagi warga negara Indonesia yang mengcover biaya kuliah (tuition fees) dan biaya lainnya termasuk full stipend (living cost) selama 2 tahun untuk S2 dan 3 tahun untuk S3
  2. Akan diadakan seleksi langsung di Indonesia, yaitu di Jakarta dan Bali pada tanggal 2 dan 3 Maret 2019.
  3. Lebih detail infonya bisa dilihat di http://www.grad.mahidol.ac.th/ActiveRecruitment2018/

Link website Graduate Studies Mahidol tentang kegiatan Active Recrutment 2019

Email dari Pi Lalita itu juga melampirkan dua dokumen tentang kegiatan active recruitment tersebut. Satu file berisi tentang detail dari rekrutmen dan syarat-syarat beasiswa dan satu dokumen foto tentang kegiatan rekrutment. Dari dokumen yang di lampirkan, tersebut bahwa kegiatan active recruitment ini ternyata tidak hanya dilaksanakan di Indonesia, tetapi juga di 3 negara lainnya yaitu: Kamboja (26 Januari), Nepal (2 Maret) dan Myanmar (9 Maret 2019). Khusus di Indonesia dilaksanakan 2 kali yaitu di Jakarta dan Bali sebagaimana saya sebutkan sebelumnya (untuk tempat pelaksanaan akan diumumkan kemudian).

Mahidol University Full Scholarship

Selain info mengenai kegiatan “Active Recruitment dan On-site Interview”, dokumen dari email Pi Lalita juga menjelaskan secara ringkas mengenai info beasiswa yang ditawarkan. Diantara beberapa poinnya adalah bahwa beasiswa ini adalah beasiswa full scholarship untuk S2 dan S3. Selain itu juga disebutkan mengenai target dari penerima beasiswa ini atau siapa yang bisa melamar, dan juga mengenai prosedur pendaftaran bagi yang akan mengikuti kegiatan.

Siapa yang bisa mandaftar program ini?

  1. Dosen atau staff universitas atau institusi yang berkaitan dengannya seperti staf rumah sakit pendidikan atau pusat studi/lembaga penelitian
  2. Pegawai pemerintah atau lembaga negara termasuk baik pemerintah daerah maupun pusat
  3. Karyawan swasta atau lembaga non pemerintah yang mempunyai kontribusi bagi negara
  4. Individual yang mempunyai prestasi akademik dan kemampuan bahasa Inggris yang baik.

Tahapan Proses Seleksi Kandidat

Bagi siapa saja yang berminat dan memenuhi kualifikasi, silakan melalui proses seleksi sebagaimana berikut:

  1. Melakukan registrasi pada website Graduate Studies Mahidol, link pendaftaran sebagai berikut: kunjungi http://www.grad.mahidol.ac.th/ActiveRecruitment2018/
  2. Bagi pelamar yang tertarik dan sudah mendaftar, bisa membawa dokumen berikut pada saat acara: sertifikat bahasa Inggris (TOEFL or IELTS), ijazah dan transkrip nilai. Kemampuan bahasa Inggris merupakan nilai plus, tapi bukan merupakan syarat yang diharuskan.
  3. Beberapa program studi mengharuskan mini test sebelum wawancara, detail mengenai hal ini akan diumumkan kemudian.
  4. Pengumuman hasil interview akan disampaikan 2 pekan setelah wawancara. Selanjutnya Graduate Studies akan membantu proses registrasi di program studi masing-masing.
  5. Bagi pelamar yang sudah pernah mendaftar pada tahun lalu masih bisa mengikuti seleksi melalui program ini.
  6. Beberapa program studi mungkin tidak mengikuti proses active recruitment ini, namun pelamar masih bisa mendaftar program dan beasiswanya melalui Graduate Studies Mahidol University. Link nya bisa diakses di sini.

Detail dari keterangan diatas bisa didownload di sini: active-recruitment-announcement-2019-general.

Poster Kegiatan “Active Recruitment and On-site Interview” Mahidol Unversity di Indonesia

Demikian sekilas info mengenai beasiswa full scholarship dari Mahidol University yang saya terima dari Pi Lalita, staf Graduate Studies Mahidol University. Semoga bermanfaat.

Purwokerto, 13 Januari 2018.

Advertisements

9 thoughts on “HOT NEWS!!!…Beasiswa Full Scholarship S2 dan S3 dari Mahidol University Thailand: Active Recruitment and On-site Interview Khusus untuk Pelajar Indonesia

    • Your welcome Nora…I don’t have information why Malaysia doesn’t include in the list. It’s the policy of Mahidol University. You may ask the graduate studies of Mahidol regarding this matter.

      Like

  1. siang pak, rencana anak saya akan masuk ke le cordon bleu area siloam, mungkin bisa kasih info dimana tempat dia untuk bisa tinggal , karena waktu pendidkan nya 9 bulan. juga adakah informasi untuk beasiswa s1?

    Like

    • Selamat untuk rencana sekolahnya. Area Silom merupakan salah saru area elit di Bangkok, kalau anggaran tidak jadi masalah disana banyak apartemen dg harga antara 25rb sampai 60rb an per bulan. Kalau mau yg lebih miring harganya saran saya karena untuk waktu yang lumayan lama 9 bulan lebih baik cari di daerah Ratchatewi atau Petchburi. Harganya relatif murah mulai dari 5rb an sampai 15 ribuan.

      Like

  2. Selamat malam Pak Heri,ini beasiswanya sayangnya ga semuanya full ya.Saya rencana kalau tidak bisa tahun ini,ya tahun depan mau mendaftar yang beasiswa ASEAN Graduated Chulalongkorn pak.Soalnya itu yang full dan saya masih memantau infonya hhe…mau menanyakan pak untuk yang ASEAN Graduated itu setiap tahun ada buka pendaftaran kan pak?Dan kalo tidak salah setahun buka 2x ya?Terimakasih pak.Saya sering mengikutin blognya bapak terutama soal konten kuliah di Thailand.

    Like

    • Terima kasih mas Feri sudah mampir di blog ini. ASEAN Scholarship selama ini tiap tahun buka, tp setahu sy cuma sekali setahun…tp memang ada juga yg masuk di semester genap, jadi bisa jg dibilang 2x…hanya sj officially memang hanya sekali

      Like

      • Oh iya pak terimakasih infonya.Saya baru saja lulus kuliah,mau apply tapi belum punya nilai IELTS.Mau ambil IELTS tapi perlu nabung dulu hhe…Kalau tahun ini tidak bisa,saya harap tahun depan bisa daftar.Takutnya saya seperti beasiswa TEH AC yang dari Prince Of Songkla,mulai tahun ini sudah tidak ada lagi.Karena agak susah mencari beasiswa yang full cover hehe..

        Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s