Menilik Kehidupan Mahasiswa Indonesia di Thailand

Oleh: Heri Akhmadi, M.A.*

Thailand sebagai negara tetangga dan sesama anggota ASEAN bukan merupakan negara yang asing bagi orang Indonesia. Meski bukan merupakan tujuan utama mahasiswa Indonesia untuk menempuh studi di sana, namun akhir-akhir ini semakin banyak mahasiswa Indonesia yang melanjutkan pendidikan tingginya di negeri gajah putih ini.

Sampai terakhir saya pulang dari Thailand tahun 2015, setidaknya ada 500an mahasiswa Indonesia yang sedang kuliah di Thailand di berbagai kampus baik di bagian selatan, tengah maupun utara. Mulai dari Prince of Songkla University di selatan Thailand, di kawasan tengah seperti di Chulalongkorn Univ, Mahidol, Thammassat, Kasetsart, dan AIT di Bangkok, hingga di ujung utara Mae Fah Luang dan Chiang Mai Univ, dan bahkan di daerah timur utara kawasan Isaan di Khon Kaen University.

Bersama Pengurus PERMITHA/PPI Thailand saat Kunjungan Ke Mae Fah Luang University di Chiang Rai

Berbicara mengenai kehidupa mahasiswa Thailand merupakan topik yang menarik untuk ditulis. Banyak aspek yang bisa dibahas disini, mulai dari dimana mereka tinggal, bagaimana ke kampus, kegiatan di kampus, kegiatan di PPI Thailand/PERMITHA, kegiatan bersama KBRI Bangkok, kegiatan bersama orang Thailand dan lainnya berbagai macam aktivitas selama kuliah dan hidup di Thailand.

Tempat Tinggal Mahasiswa

Athen Apartment, Tempat Tinggal Legendaris Mahasiswa dan Masyarakat Indonesia di Bangkok

Umumnya mahasiswa tinggal di apartemen sewa, sebagian tinggal di asrama mahasiwa yang disediakan oleh kampus. Anda jangan membayangkan bahwa apartemen yang disewa seperti bayangan kita tentang apartemen di Indonesia yang serba mewah dan ditengah kota. Ya memang apartemen di Thailand biasanya terdiri dari beberapa lantai, namun untuk kelas mahasiswa tentu tidak semewah di Indonesia tentang apartemen. Bahkan kadang lebih mirip “kos-kosan” kalau kita di Indonesia.

Demikian halnya asrama mahasiswa, tidak selamanya kumuh seperti asrama mahasiswa di Indonesia. Untuk kampus seperti Chulalongkorn University, mempunyai asrama mahasiswa yang relatif baru dan lumayan mewah (bagi saya…hehe). Dan tentu biaya sewa lebih mahal. Namun dengan fasilitas yang lengkap dan terbaru.

To be continued…insyaAllah

 

 

*Penulis adalah alumni Chulalongkorn University, tinggal di Thailand antara tahun 2013-2015.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s