Petchburi Soi Jet, Kampung Muslim dan Surga Makanan Halal di Bangkok

Oleh: Heri Akhmadi, M.A.

Tulisan tentang “Petchburi Soi Jet, Kampung Muslim dan Surga Makanan Halal di Bangkok” boleh jadi merupakan salah satu tulisan saya yang tertunda bertahun-tahun lamanya. Ya, ini tulisan yang sudah saya rencanakan bahkan sejak awal saya menulis di blog sekitar tahun 2013 lalu. Meski pada waktu itu saya sendiri belum tinggal di kawasan ini, namun karena hampir tiap hari (terutama saat jadwal sholat di Masjid Darul Aman) saya ke sini, jadi sudah seperti daerah sendiri.

Hingga akhirnya pada pertengahan tahun 2014 saya “hijrah” ke sini, setelah “digusur” dari Athen Apartment di Soi 11 (Soi Sip Et) yang direnovasi untuk dijadikan hotel. Sejak saat itulah saya sekeluarga “resmi” menjadi “warga” Soi Jet, hingga saya lulus kuliah dan pulang kampung ke Indonesia pada awal tahun 2015.

Asal Nama Petchburi Soi Jet

Petchburi Soi Jet, nama itu berasal dari kata Petchburi yaitu salah satu nama jalan raya utama di Bangkok, yang membelah dari perempatan Ratchaprasong hingga melewati KBRI Bangkok, Pratunam Market hingga sampai ke timur cukup jauh sekitar 2 kilometer. Adapun Soi dalam bahasa Thai berarti “gang” dan Jet berarti angka atau nomor 7 (tujuh). Jadi Petchburi Soi Jet gampangnya adalah derah yang terletak di Jalan Petchburi gang ke tujuh.

Peta Soi Jet (tanda bintang merah) dan KBRI Bangkok (segi lima hijau) by Google Map

Sekedar informasi, di Thailand umumnya, dan khususnya Bangkok, jalan-jalan disini biasanya dibagi lagi menjadi beberapa gang. Di salah satu sisi jalan gangnya bernomor ganjil, dan sisi seberangnya berangka genap.

Suasana Petchburi Road di Depan KBRI Bangkok

Akses Transportasi Ke Soi Jet

Stasiun BTS Skytrain Ratchatewi, nampak diatas Jalan Phayathai Rd. (Pict. by Siam Home Source)

Karena terletak di tengah kota dan dekat pusat belanja (Siam Paragon, Central World, MBK, Pratunam dll), akses ke Soi Jet juga relatif mudah. Untuk bisa ke sini bisa diakses dengan bus, kereta api baik itu BTS Skytrain, Airport Rail Link, maupun kereta komuter SRT. Atau bisa juga naik ojek khas Thailand berrompi orange, yang biasa mangkal di ujung gang.

Dari bandara Suvarnabhumi bisa naik Airport Rail Link dan turun di stasiun terakhir, Phaya Thai. Adapun menggunakan BTS Sky Train bisa turun di stasiun Ratchatewi atau Phaya Thai. Selanjutnya jalan kaki lima menit ke Soi Jet atau naik ojek 20 baht. Kalau naik bus bisa turun di Petchburi Soi 10 (Soi Sip) atau di Soi 5 (Soi Khaa).

Kampung Muslim

Pemandangan masuk Gang (Soi) Jet

Salah satu yang membuat terkenal Soi Jet adalah, karena di sini merupakan salah satu kampung muslim di Bangkok. Menjadi kampung muslim karena sebagaimana kita tahu, Bangkok adalah ibukota Thailand, negara dengan mayoritas penduduknya beragama Budha. Sementara warga yang tinggal di Soi Jet ini mayoritas muslim. Jadi muslim ditengah kota Budha.

Saya sendiri tidak begitu paham berapa banyak muslim yang tinggal disini. Namun berdasar bincang-bincang dengan salah satu warga, ada ratusan warga muslim yang tinggal di sini. Beberapa diantara mereka adalah warga muslim yang berasal dari Thailand selatan, Pattani, Narathiwat atau Songkla.

Masjid Darul Aman Soi Jet

 

Di sini juga terdapat salah satu masjid yang cukup dikenal di Bangkok yaitu Masjid Darul Aman. Masjid dua lantai ini hampir selalu penuh saat jumatan atau di bulan Ramadhan. Dengan kapasitas yang mampu menampung hingga 2000 jamaah.

Selain menjadi tempat ibadah sholat lima waktu dan jumatan warga muslim sekitar Soi Jet, masjid ini juga menjadi tujuan wisata dan juga tempat sholat muslim yang tinggal di sekitar daerah/distrik Ratchatewi. Masjid yang terlihat sederhana dari luar tapi cukup mewah dan artistik dari dalam.

 

Surga Makanan Halal.

Selain itu, seperti halnya kampung muslim lain di Thailand, di sini juga mudah dijumpai kedai atau warung/toko yang menjual makanan halal. Oleh karena itulah Petchburi Soi Jet juga menjadi tempat tujuan muslim Bangkok mencari makanan halal dan salah satu destinasi wisata bagi wisatawan muslim yang berkunjung ke Bangkok. Terlebih di beberapa kedai penjualnya bisa berbahasa Melayu.

Berikut ini diantara suasana disepanjang Soi Jet.

Salah satu kedai makanan halal di ujung gang Soi Jet

Kedai Cha Yen di Malam Hari

Bangkokian Menghabiskan Malam di Soi Jet

Tempat Kongkow Bangkokian

Selain di siang hari, pada malam hari di sekitar Soi Jet juga ramai dikunjungi. Beberapa tempat seolah menjadi ajang kumpul dan kongkow-kongkow “Bangkokian” sambil melepas penat setelah seharian bekerja atau kuliah dan aktivitas lainnya. Walah hanya segelas Cha Yen (teh khas Thailand) dan sepotong roti Chanai, sudah cukup nikmat terasa setelah seharian bekerja. Beberapa mahasiswa Indonesia juga menjadikan Soi Jet sebagai ajang kumpul di malam hari. Terakhir saya ke Bangkok setelah lulus kuliah, sekitar November 2017 kemarin saya coba main ke sini langsung ketemu salah satu mahasiswa Indonesia.

Menikmati malam di Soi Jet

Soi Jet di Malam Hari

Demikian seputar Soi Jet, salah satu kampung muslim dan tempat mencari makanan halal di Bangkok. Belum lengkap rasanya ke Bangkok kalau belum mampir ke sini. Selain mudah mencari tempat ibadah (masjid), juga mudah mendapatkan makanan halal. Terlebih bagi saya pribadi, sebagai salah satu alumni Soi Jet…hehehe

Selamat berlibur..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s