Profil Heri Akhmadi

Teman-teman pembaca sekalian, terima kasih telah mampir ke rumah kecil saya di dunia maya. Seperti kata orang, “tak kenal maka ta’aruf”…jadi izinkan saya memperkenalkan diri. Sesuai topik blog ini, perkenalan saya di sini lebih pada perjalanan studi saya dari kecil hingga saat ini saya sedang melanjutkan studi PhD di Kangwon National University, Korea. Untuk profil saya yang berkaitan dengan akademik sebagai dosen, silakan kunjungi official blog saya di www.heri.staff.umy.ac.id. Berikut perkenalan singkat dari saya.

Perjalanan Studi dari TK Hingga Kuliah di Thailand dan Korea

Orang tua memberi saya nama Heri Akhmadi, biasa dipanggil Mas Heri, Pak Heri, Pak Her atau Heri saja juga boleh. Saya lahir dan besar di Kebumen, sebuah kota kecil di pesisir selatan Propinsi Jawa Tengah. Indonesia. Sedari TK hingga SMA saya menyelesaikan pendidikan di Kebumen. Setelah menamatkan pendidikan dasar (SDN II Kewangunan), saya melanjutkan ke jenjang pendidikan menengah di sebuah lembaga pendidikan Islam terpadu MTs-MA Wathoniyah Islamiyah (MWI) Karangduwur Petanahan Kebumen. Sebuah sekolah yang tidak hanya mengajarkan pelajaran umum sebagaimana sekolah lainnya (matematika, fisika, kimia dll), tapi juga materi pendidikan Islam lengkap, mulai dari Tauhid, Bahasa Arab, Tafsir, Hadist, Nahwu/Shorof, Adab/Balaghoh, Siroh/Tarikh dan lainnya. Dari sinilah pondasi pemahaman keislaman saya dibangun. Selanjutnya setelah lulus dari pendidikan menengah (‘Aliyah/SMA), saya merantau ke Purwokerto untuk mengambil S1 saya di bidang Agribisnis (Sosial Ekonomi Pertanian) di Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED). Sebuah perguruan tinggi negeri di Kota Mendoan Purwokerto.

Pada tahun 2013, Alhamdulillah saya lolos seleksi beasiswa “ASEAN Scholarship” untuk menempuh pendidikan S2 (master) di Faculty of Economics Chulalongkorn University Bangkok, dengan biaya dari Kerajaan Thailand.

20150615_180723 copy

Di depan almamater, Faculty of Economics Chulalongkorn University

Kuliah di Thailand, sesuatu yang tak pernah terbayangkan di benak saya. Kecuali bahwa dulu sewaktu saya kuliah S1 sempat pernah terlintas di pikiran bahwa kalau mau belajar (pertanian) lebih tepatnya ke Thailand yang secara social ekonomi tidak jauh berbeda dengan Indonesia sehingga ilmu yang didapatkan dapat diterapkan. Dan ternyata ini “dikabulkan” Allah. Saya akhirnya berkesempatan belajar (S2) di Thailand. Kesempatan berharga ini tentu saya gunakan sebaiknya untuk menambah wawasan dan keilmuan saya.

Selama sekitar 2 tahun di Thailand saya tidak hanya aktif kuliah, tapi juga terlibat di beberapa kegiatan di luar kuliah yang mendukung peningkatan wawasan dan keilmuan serta pengalaman. Seperti halnya di PPI Thailand (PERMITHA), komunitas pengajian mahasiswa muslim Indonesia di Bangkok (NGAJIKOK), Junior Indonesia-Thai Chamber and Commerce (JINT), Masyarakat Muslim Indonesia di Thailand (MMIT) dan tentu saja di kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Bangkok .

Heri - Kuliah di Thailand

Kiri-Kanan, Atas-Bawah: 1. Di Depan Almamater FE Ekonomi Chula, 2. Bersama Temen2 Permitha/PPI di MFU Chiang Rai, 3. Simposium PPI Dunia di Thammasat University, 4. Bersama Prof dan Temen Kuliah di MABE, 5. Menjadi Panitia Pemilu PPLN KBRI Bangkok, 6. Bersama Kawan-Kawan Junior Indo-Thai Chamber Commerce.

Selesai menempuh pendidikan master di Thailand, saya kembali ke Tanah air Indonesia tercinta. Dan sejak awal tahun 2016 saya bergabung dengan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) sebagai staf pengajar/dosen, yaitu tepatnya di Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian UMY. Minat studi dan riset saya adalah di bidang marketing dan teknologi informasi, khususnya perilaku konsumen digital dan penggunaan teknologi informasi untuk pemasaran produk pertanian. Selain itu saya juga meneliti topik perdagangan internasional, khususnya mengenai perdagangan internasional produk/komoditas pertanian dan lebih spesifik lagi mengenai pengaruh/impack free trade agreement (FTA) atau pengaruh kebijakan perdagangan bebas terhadap perdagangan komoditas pertanian dan supply chain produk pertanian.

Kuliah S3 di Korea

Pada tahun 2021 setelah melalui perjuangan panjang mencari sekolah di luar negeri dan menjalani seleksi PhD admission serta seleksi beasiswa, Alhamdulillaah saya diterima pada program beasiswa HEAT Scholarship dari KCUE Korea. Dan terhitung mulai 1 September 2021 saya secara resmi tercatat sebagai PhD student di Department of Agricultural Resources Economics, Kangwon National Unversity, Korea.

Seperti saya sampaikan sebelumnya saya kuliah di sini Alhamdulillaah dengan beasiswa penuh HEAT Scholarship dari KCUE Korea. Lebih detail tentang cerita bagaimana hingga akhirnya saya kuliah di Korea bisa dibaca pada artikel saya yang sudah ditulis juga di blog ini, silakan klik di sini.

Tangkapan Layar Kegiatan Orientation for New International Student Kangwong National University, Fall Semester 2021

Belum banyak yang bisa saya ceritakan tentang cerita kuliah saya di Korea mengingat saat ini saya baru mau masuk semester dua. Tapi beberapa cerita sudah saya tuliskan juga di blog ini dan insyaAllah akan saya posting cerita-cerita perjalanan kuliah berikutnya.

Heri - At KNU

Di Salah Satu Sudut Kampus Kangwon National University

Heri - After Class

Bersama Teman Kuliah (Bazo: Mongolia, Brenda: Uganda), Setelah Presentasi Bersama

Heri - at OIA www.heriakhmadi.com

Bersama Teman-Teman Mahasiswa Indonesia di KNU Memenuhi Undangan dari OIA KNU

Demikian sekilas tentang saya. Selain di blog ini, saya juga bisa ditemui di official blog saya di www.heri.staff.umy.ac.id atau melalui sosial media: Facebook (Heri Akhmadi), Twitter (@heriakhmadi) atau bisa juga ketemu di Istagram (@heriakhmadi). Korespondensi dengan saya bisa melalui email di heriakhmadi@gmail.com

Salam hangat dari saya. Mari bersahabat.

5 comments

  1. assalamualaikum, pak ini alamat link 2 tugas problem solving saya .. monggo di cek pak. terimakasih.. hehhe
    http://newber7.blogspot.co.id/

    Like

  2. assalamualaikum, pak ini alamat link 2 tugas konseling saya .. monggo di cek pak. terimakasih.. hehhe
    http://newber7.blogspot.co.id/

    Like

  3. HEBAT …..

    Like

    1. Alhamdulillah..priwe kabare bro Sugi?

      Like

  4. Today, I went to the beach with my children. I found a sea shell and gave
    it to my 4 year old daughter and said “You can hear the ocean if you put this to your ear.” She put
    the shell to her ear and screamed. There was a hermit crab inside
    and it pinched her ear. She never wants to go back!
    LoL I know this is totally off topic but I had to tell someone!

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: