HEAT Scholarship 2022, Beasiswa S3 Di Korea Untuk Dosen Dari Asia Tenggara (OPENING NOW…!!!)

Oleh: Heri Akhmadi.
PhD Student at Kangwon National University Korea, HEAT Scholarship Awardee 2021.

Kemarin ada teman nanya atau tepatnya minta dikirimin poster beasiswa HEAT Scholarship, iseng saya buka website HEAT scholarship ternyata nemu update berita bahwa beasiswa HEAT Scholarship atau Higher Education for ASEAN Talents (HEAT) sedang membuka applicants untuk periode kuliah Fall 2022 atau Second Semester di tahun akademik 2022 yang akan mulai kuliah September 2022 depan. Padahal baru dua bulan lalu, yaitu November 2021, beasiswa HEAT Scholarship membuka pendaftaran untuk periode kuliah Spring 2022 atau First Semester 2022, yang akan mulai kuliah Maret 2022 (sudah ada pengumuman yang lolos, berdasarkan beberapa orang yang kontak ke saya kalau diterima).

Mengenai HEAT scholarship ini saya tidak akan menjelaskan lagi detailnya karena sudah saya tulis di artikel saya sebelumnya tentang “HEAT Scholarship, Beasiswa S3 Di Korea Untuk Dosen Dari Asia Tenggara” silakan baca artikel saya tersebut untuk detail mulai dari persyaratan hingga dokumen yang perlu disiapkan. Pada artikel ini saya hanya akan sampaikan highlight sekilas apa yang baru dari pengumuman terbaru penerimaan beasiswa HEAT Scholarship periode kuliah Fall 2022 yang sedang dibuka ini.

[BACA: HEAT Scholarship, Beasiswa S3 Di Korea Untuk Dosen Dari Asia Tenggara]

2022_2_poster

Call for Application for 2022-2nd Semester HEAT Scholarship

Highlight HEAT Scholarship for 2022-2nd Semester Application 

Sebagaimana terlihat dari poster yang saya tampilkan, sekilas tidak ada yang baru dari persyaratan yang boleh mendaftar (eligibility), coverage beasiswa (benefit) dan jangka waktu beasiswa (period of scholarship). Salah satu yg berbeda dengan periode aplikasi semester lalu salah satunya adalah bahwa untuk periode ini semua kampus yang tergabung dalam HEAT membuka pendaftaran. Kita ketahui ada 6 kampus baik negeri maupun swasta yang bergabung dalam HEAT scholarship. Berikut ini daftar kampus beserta deadline pendaftarannya.

University (Application Links) Deadline of Submission
Chung-Ang University 2022.04.08
Ewha Womans Univeristy 2022.03.18
Jeonbuk National University 2022.03.14 ~ 2022.03.25
Kangwon National University 2022.03.02 ~ 2022.03.11
Korea University 2022.03.07 ~ 2022.03.25
Kyung Hee University 2022.03.18

Adapun mengenai jurusan apa saja yang dibuka oleh masing-masing kampus di atas silakan bisa baca artikel saya sebelumnya tentang “HEAT Scholarship, Beasiswa S3 Di Korea Untuk Dosen Dari Asia Tenggara” . Daftar lengkap jurusan tiap kampus ada di artikel itu. Namun perlu juga untuk dicek lagi di website tiap kampus barangkali ada perubahan.

Kuota Beasiswa Bertambah

Hal lainnya yang baru dari periode penerimaan beasiswa HEAT Scholarship, kali ini adalah bertambahnya kuota yang diterima. Jika pada penerimaan HEAT Scholarship, sebelumnnya satu tahun menerima hanya 30 orang, pada kali ini ada 40 kuota yang disediakan. Artinya ada penambahan kuota calon mahasiswa yang diterima.

Namun demikian, berkaitan dengan kuota ini ada perbedaan informasi antara di panduan (guideline beasiswa dengan di laman/website HEAT Scholar. Informasi yang tercantum di laman/website HEAT Scholar disebutkan jumlah kuota 40 orang untuk tahun 2022, tapi di panduan (file PDF) tertera hanya 30 orang seperti tahun sebelumnya. Semoga bukan karena salah ketik, tetapi memang ditambah kuotanya. Bagi yang ingin cek langsung di di laman/website HEAT Scholar silakan bisa klik di sini. Atau bisa baca dan download panduan dan formulir beasiswanya berikut ini:

Untuk detail form aplikasi:

  1. [KCUE Form 1] Permission for study leave
  2. [KCUE Form 2] Applicant Agreement
  3. [KCUE Form 3] Personal Medical Assessment
  4. [KNU Form 1] KNU-HEAT Application
  5. [KNU Form 2] Study Plan

Catatan: Form aplikasi No.4 dan No.5 (KNU HEAT Application dan Study Plan) merupakan form dari Kangwon National University (KNU) aplikasi tahun 2021. Untuk fixnya dan juga untuk kampus lainnya mungkin bisa jadi berbeda. Silakan dikonfirmasi ke contact person masing-masing kampus yang ada di panduan HEAT Scholarship.

Demikian informasi singkat penerimaan beasiswa HEAT Scholarship periode kuliah Fall/September 2022. Bagi yang berminat dan perlu diskusi, please feel free to contact me. Semoga bermanfaat.

Chuncheon City, Korea, Ahad 9 Januari 2022.

********************************************************

Reference:

3 comments

  1. […] UPDATE KUOTA: Pada pengumuman terbaru tentang Call for Application] 2022-2nd HEAT: Scholarship, di laman web disebutkan bahwa kuota tahun 2022 ada 40 orang. Lebih detail bisa baca artikel terbaru saya tentang Call for Application HEAT Scholarship 2022. […]

    Like

  2. Imron Azami · · Reply

    Pak Heri Akhmadi saya mau tanya untuk persyaratan
    14. A Copy of ID cards of Applicant’s Parents respectively
    15. Original and translated copy of the Family Relation Certificate issued by the Government Organisation itu berbentuk apa ya, KTP atau KK? dan apakah harus di translate ke English? Terima kasih

    Like

    1. Pagi Mas Imron, untuk ID card itu KTP, Family Relation itu KK kalau di Indonesia. Semua harus ditranslate ke English di penerjemah tersumpah.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: