Jadwal Terbit Jurnal Nasional di Bidang Agribisnis dan Sosial Ekonomi Pertanian Terindeks SINTA 1 sampai SINTA 6

Oleh: Heri Akhmadi, S.P., M.A.

Jurnal merupakan sarana utama bagi peneliti/mahasiswa (utamanya mahasiswa S2/S3) dalam mempublikasikan hasil penelitiannya. Meski ada juga sarana lainnya seperti seminar atau konferensi. Namun jurnal merupakan media yang paling dipercaya karena biasanya (jika berkualitas) dilakukan peer review yang ketat sebelum suatu artikel akhirnya diterima untuk diterbitkan. Dan salah satu elemen penting dalam menerbitkan karya ilmiah di jurnal adalah memilih jurnal mana yang akan menjadi target untuk publikasi itu. Indexing atau level jurnal di lembaga pengindeks (SINTA, SCOPUS, Web of Science) merupakan salah satu kriteria dalam pemilihan jurnal sebagaimana sudah saya bahas di artikel sebelumnya mengenai “Jurnal Nasional di Bidang Agribisnis dan Sosial Ekonomi Pertanian”

Namun demikian, selain mempertimbangkan indexing/kualitas jurnal, dalam publikasi hasil penelitian/pemikiran, juga diperlukan ketepatan memilih periode terbit jurnal. Hal ini karena publikasi karya ilmiah di jurnal terkadang tidak hanya sekedar sarana diseminasi hasil penelitian, tetapi juga menjadi persyaratan dari beberapa hal lainnya misalnya kelulusan untuk mahasiswa jenjang S2 atau S3 dan persyaratan kenaikan pangkat atau jabatan bagi dosen/peneliti. Oleh kerena itu, memilih jurnal yang akan terbit pada waktu yang sesuai dengan tujuan diterbitkannya jurnal itu (jadwal kelulusan atau kenaikan pangkat/jabatan) merupakan salah satu faktor yang dipertimbangkan.

Tulisan ini merupakan pengembangan dari artikel saya sebelumnya tentang “Daftar Jurnal Nasional di Bidang Agribisnis dan Sosial Ekonomi Pertanian” yang terakhir saya update beberapa hari yang lalu. Pemetaan jadwal/periode terbit jurnal ini menjadi salah satu elemen penting dalam pemilihan jurnal. Untuk itu, melalui artikel ini diharapkan dapat memberikan gambaran lebih detail dalam pemilihan jurnal selain faktor indexingnya seperti dalam pengindeks SINTA dari Kementerian Riset dan Teknologi.

Berdasarkan catatan saya dalam artikel “Daftar Jurnal Nasional di Bidang Agribisnis dan Sosial Ekonomi Pertanian” terdapat setidaknya 32 Jurnal nasional di bidang agribisnis dan sosial ekonomi pertanian yang terindeks SINTA dari SINTA 1 hingga SINTA 6. Dari jurnal-jurnal tersebut, mayoritas melakukan publikasi artikel rata-rata dua kali (2x) dalam satu tahun seperti Jurnal AGRARIS (Sinta 2) dari UMY. Beberapa menerbitkan artikel 3x (tiga kali) dalam setahun seperti AGRISE dari Universitas Brawijaya dan Jurnal SOCA dari Universitas Udayana Bali (keduanya Sinta 3). Dan bahkan ada yang menjadwalkan penerbitan sebanyak 6x (enam kali) dalam setahun yaitu Jurnal Ilmiah Agribisnis dari Universitas Halu Oleo Kendari. Dari keseluruhan jadwal penerbitan jurnal-jurnal tersebut jika dipetakan jadwal waktu penerbitannya dalam satu tahun hampir setiap bulan ada jurnal yang menjadwalkan penerbitan. Silakan lihat Tabel 1 berikut ini:

Tabel 1. Jadwal Terbit Jurnal Nasional Bidang Agribisnis dan Sosial Ekonomi Pertanian Periode Januari-Desember

Tabel 1 di atas merupakan peta jadwal penerbitan Jurnal Nasional Bidang Agribisnis dan Sosial Ekonomi Pertanian selama satu tahun. Kolom paling kiri merupakan level indexing jurnal di laman SINTA, mulai dari Sinta 1 paling atas hingga Sinta 6 terbawah. Adapun kolom kedua hingga kolom terakhir merupakan periode terbit jurnal dalam bulan, dari Januari hingga Desember. Catatan: beberapa nama jurnal sengaja saya singkat untuk meringkas di tabel, seperti IJAS atau Indonesian Journal of Agricultural Science dari Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Kementerian Pertanian (Sinta 2). Jika kurang familier dengan singkatan di tabel ini silakan bisa cek singkatan dan detailnya di artikel saya tentang “Daftar Jurnal Nasional di Bidang Agribisnis dan Sosial Ekonomi Pertanian”.

Berdasarkan Tabel 1 (maaf kalau resolusinya tidak jelas), selama satu tahun setidaknya ada 77 kali Jurnal Nasional Bidang Agribisnis dan Sosial Ekonomi Pertanian terindeks SINTA menerbitkan artikelnya. Dalam satu bulan setidaknya ada 4 jurnal terbit. Adapun bulan Juni dan Desember merupakan bulan favorit bagi jurnal untuk menerbitkan artikelnya. Pada bulan Juni sendiri ada paling tidak 10 jurnal yang menjadwalkan penerbitannya seperti AGRIVITA (Sinta 1/SCOPUS), Jurnal AGRARIS dan Jurnal Agro Ekonomika (keduanya Sinta 2). Adapun di Bulan Desember ada setidaknya 11 jurnal di bidang agribisnis dan sosial ekonomi pertanian yang menerbitkan artikelnya, sekaligus menjadi bulan terfavorit untuk menerbitkan artikel. Barangkali karena akhir tahun, sekaligus “cuci gudang”….hehe.

Selanjutnya saya akan bahas jadwal periode terbit jurnal ini dalam kurun semesteran (6 bulan) biar lebih detail.

Periode Terbit Bulan Januari-Juni

Jadwal terbit jurnal nasional bidang agribisnis dan sosial ekonomi pertanian pada periode bulan Januari hingga Juni bisa dilihat pada tabel berikut ini:

Tabel 2. Jadwal Terbit Jurnal Nasional Bidang Agribisnis dan Sosial Ekonomi Pertanian Periode Januari-Juni

Kalau dilihat secara lebih detail jadwal terbit pada periode semester pertama antara Januari-Juni setidaknya ada 38 jurnal yang terbit pada periode ini (catatan JIA atau Jurnal Ilmiah Agribisnis terbit dua bulan sekali, atau 3x dalam periode ini). Selain Bulan Juni yang memang menjadi bulan favorit penerbitan jurnal, April merupakan bulan terbanyak jurnal mengeluarkan paper terbarunya dengan 9 jurnal terbit pada bulan ini. Uniknya pada periode Januari-Juni ini tidak ada jurnal Sinta 6 yang terbit, adapun jurnal di Sinta 3 dan Sinta 5 paling banyak terbit, ada di tiap bulan.

Periode Terbit Bulan Juli-Desember

Selanjutnya berikut jadwal terbit jurnal nasional bidang agribisnis dan sosial ekonomi pertanian pada periode bulan Juli hingga Desember sebagaimana terlihat pada Tabel 3 berikut ini:

Tabel 3. Jadwal Terbit Jurnal Nasional Bidang Agribisnis dan Sosial Ekonomi Pertanian Periode Juli-Desember

Berdasarkan Tabel 3, jika dilihat secara lebih detail, jadwal terbit pada periode semester kedua antara Juli-Desember setidaknya ada 39 jurnal yang terbit pada periode ini (sekali lagi catatan JIA atau Jurnal Ilmiah Agribisnis terbit dua bulan sekali, atau 3x dalam periode ini). Selain Bulan Desember yang memang menjadi bulan favorit penerbitan jurnal, Oktober merupakan bulan terbanyak jurnal mengeluarkan paper terbarunya dengan 8 jurnal terbit pada bulan ini. Jurnal Sinta 2 juga paling banyak yang terbit pada periode bulan ini. Adapun jurnal Sinta 6 yang pada periode Januari-Juni tidak ada, semua terbit pada periode ini yaitu tepatnya pada bulan Juli dan Desember.

Demikian catatan saya mengenai jadwal terbit jurnal nasional bidang agribisnis dan sosial ekonomi pertanian selama satu tahun (Januari-Desember). Saya sangat berterima kasih jika ada komentar, saran dan masukan untuk perbaikan artikel ini. Semoga bermanfaat terutama bagi yang sedang dikejar target penerbitan artikel/paper penelitiannya, baik untuk syarat kelulusan atau kenaikan pangkat/jabatan…hehe…Dan semoga bisa publish artikelnya sesuai harapan…amiin.

Purwokerto, 24 Juni 2020.

*Penulis adalah Managing Editor Jurnal AGRARIS dan Dosen Prodi Agribisnis Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

References:

 

One comment

  1. […] [BACA: Jadwal Terbit Jurnal Nasional di Bidang Agribisnis dan Sosial Ekonomi Pertanian Terindeks SIN… […]

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: