Mengenal Kampus Unggulan di Thailand

Oleh: Heri Akhmadi, M.A.

Tulisan saya kali ini mengenai “Mengenal Kampus Unggulan di Thailand” merupakan respon dari beberapa pertanyaan sahabat pembaca tentang bagaimana memilih kampus yang tepat di Thailand sesuai dengan bidang studi atau rencana masa depan pendidikannya. Diantara beberapa pertanyaan misalnya kampus yang bagus untuk kuliah jurusan teknik dimana? Kalau jurusan  bahasa dimana kampus terbaiknya? dan pertanyaan lainnya seputar kampus di Thailand.

Pada dasarnya informasi tentang kampus ini bisa didapatkan cukup dengan googling saja, bahkan mungkin akan anda dapatkan jauh lebih banyak infonya daripada tulisan satu halaman saya ini. Hanya saja yang saya sampaikan di sini tidak berdasarkan informasi dari pihak lain (bahasa ilmiahnya data sekunder…hehe), namun dari pengalaman saya sendiri baik sebagai mahasiswa maupun saat saya berkunjung di sana. Kampus-kampus unggulan yang saya bahas di tulisan ini semuanya pernah saya kunjungi, bahkan ada yang beberapa kali karena ada beberapa kegiatan di sana.

Untuk itu, melalui tulisan ini saya akan mencoba memulai mengenalkan kampus-kampus (unggulan) di Thailand yang saya ketahui dan juga pernah saya kunjungi langsung serta mengenal beberapa rekan mahasiswa Indonesia yang kuliah di sana. Beberapa diantaranya misal (tentu saja) kampus almamater saya (hehe), Chulalongkorn University, “saudara mudanya” Mahidol University yang terkenal dengan kajian kedokteran dan ilmu-ilmu kesehatannya (kampus si doi…hehe) dan lainnya semisal Kasetsart Unversity yang terkenal dengan kajian pertaniannya, King Mongkut University of Technology (KMUTT) yang terkenal sebagai kampus teknik dan lainnya.

Karena banyaknya kampus dan tentu akan banyak yang dibahas, insyaAllah saya akan membuat tulisan ini berseri. Dan untuk awalan berikut ini sekilas kampus-kampus unggulan di Thailand.

Chulalongkorn University (Bangkok)

Chulalongkorn University atau kalau dalam Bahasa Thai disebut “Chulalongkorn Mahawitlayai” dan dikenal juga dengan panggilan singkat Chula merupakan institusi pendidikan tinggi pertama di Thailand. Nama universitas ini diambil dari inisiator pendirinya yaitu Raja/King Chulalongkorn. King Chulalongkorn adalah Raja Thailand yang terkenal sebagai Bapak Thailand Modern, karena terkenal memodernkan Thailand dari sebuah negara kerajaan.

Di Depan FE Chula Kampus Tercinta

Dengan tagline “Pilar of The Kingdom”, Chula adalah representasi dari pendidikan tinggi di Thailand. Kampus Chula hanya ada satu di Bangkok, yaitu daerah pusat kota tepatnya di distrik Pathumwan. Daerah strategis di pusat kota dan pusat perbelanjaan di Bangkok.

Sebagai kampus yang sudah lama berdiri, hampir semua bidang kajian ada jurusan ada di Chula. Mulai dari jurusan-jurusan klasik seperti Ekonomi, Hukum, Politik, Komunikasi, Teknik, Kedokteran, Farmasi, hScience/MIPA bahkan pendidikan dan olah raga ada di Chula.

Dan oleh karenanya bisa dikatakan Chula unggul di semua bidang kajian ilmu (ini bukan karena say alumni Chula ya…hehe). Namun kalau boleh saya berpendapat, bidang-bidang yang Chula unggul adalah di bidang ekonomi (sekali lagi bukan karena saya alumni FE Chula ya…hehe) dan teknik.

 

Untuk kajian ekonomi dan bisnis sendiri di Chla ada dua fakultas, yaitu Fakultas Ekonomi dan Fakultas Akuntansi. Bisa disimpulkan kalau bahwa bidang ekonomi mendapatkan perhatian. Bidang lainnya yang juga unggul adalah kajian ilmu-ilmu sosial humaniora seperti ilmu politik, sastra dan komunikasi. Menurut saya Chula unggul dibandingkan kampus lainnya di Thailand.

Mengenai peringkat kampus sendiri, menurut data QS University Ranking 2018, Chula menduduki ranking ke 271 dunia dan nomor 1 di Thailand.

Mahidol University

Mahidol University (baca: Mahidon University) merupakan kampus negeri yang terkenal di Thailand. Kampus ini terkenal akan kajian kedokteran dan kesehatan. Hal ini karena pada awal berdirinya merupakan sekolah kedokteran dan kesehatan sebagai bagian dari awal berdirinya Siriraj Hospital, rumah sakit kerajaan Thailand.

Mahidol University Salaya Campus

Nama Mahidol sendiri diambil namanya dari nama salah satu pangeran (prince) dari Kerajaan Thailand yaitu Prince Mahidol of Songkla. Prince Mahidol sendiri terkenal sebagai ‘Father of Modern Medicine and Public Health in Thailand‘. Slogannya yang terkenal adalah “Wisdom of The Land”.

Mahidol juga merupakan satu-satunya kampus di Thailand (mungki juga di dunia) yang mempunya 2 (dua) fakultas kedokteran sekaligus. Yaitu Faculty of Medicine Ramathibodi Hospital dan Faculty of Medicine Siriraj Hospital. Uniknya juga nama fakultas ini dinisbatkan ke rumah sakit tempat bernaunnya bukan ke kampusnya.

Mahidol juga mempunyai 2 kampus yaitu kampus utama di daerah Salaya (Mahidol Salaya Campus), yang terletak kurang lebih 26 Km arah barat Kota Bangkok. Di sini merupakan kampus pusat dari Mahidol, dimana kantor-kantor administrasi tingkat kampus ada di sini. Termasuk rektorat, asrama mahasiswa dan gedung pertemuan untuk tempat wisuda dll. Komplek kampusnya sangat luas, meski telihat sepi karena lokasinya di luar kota. Saya sendiri pernah 3 kali ke kampus Mahidol Salaya ini. Satu kali ada acara PERMITHA (PPI Thailand), dua kali mengantar istri ngurus visa dan wisuda.

Thammasat University

Thammasat University (kadang cukup disebut Thammasat) pada awal sebelum menjadi universitas seperti sekarang (tahun 1933) merupakan Fakultas Hukum dan Ilmu Politik (Faculty of Law and Political Science) dari Culalongkorn University yang dirubah menjadi universitas dan kemudian diberi nama Thammasat University. Hal inilah barangkali yang menjadi salah satu alasan mengapa Thammasat terkenal akan kajian ilmu sosial humaniora.

Seperti halnya Mahidol, Thammasat juga mempunyai 2 buah kampus yaitu kampus pertama di Bangkok atau dikenal dengan Trapachan Campus. Terletak di tengah kota Bangkok, tepatnya di depan alun-alun kota, Sanam Luang di sebelah utara Grand Palace. Selama di studi di Thailand, setidaknya saya sudah 3 kali mengunjungi kampus ini.

Kasetsart University

Kasetsart University dari namanya sudah mencerminkan kampus apa ini. Kata Kasetsart sendiri artinya pertanian. Jadi kampus ini merupakan kampus nomor wahid untuk kajian ilmu-ilmu pertanian di Thailand. Saya sendiri mungkin telah lebih dari 5 kali berkunjung ke kampus ini. Pertema saat semester pertama menjadi panitia AASIC International Conference PERMITHA/PPI Thailand pada tahun 2013. Kemudian beberapa kali acara PERMITHA juga di sini dan terakhir sebelum lulus saya sempat ke sini saat presentasi hasil riset thesis di konferensi yang diselenggarakan oleh Kasetsart.

 

Next…King Mongkut University of Technology, Asian Institute of Technology, Burapha University, Khon Kaen University, etc.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s