Beasiswa S2/S3 Research Fellow di University of Science and Technology (UST) Korea — Fall Semester 2022 Admission

Oleh: Heri Akhmadi.
PhD Student di Kangwon National University Korea.

Semalam di group Asosiasi Peneliti Indonesia di Korea (APIK) dimana saya menjadi salah satu anggota di sana, ada salah satu kolega APIK yang share info peluang beasiswa S2 dan S3 di University of Science and Technology (UST) Korea untuk periode Fall 2022 (mulai kuliah September 2022). Sesuai izin dari pemberi info dan untuk lebih meningkatkan peluang mahasiswa dari Indonesia bergabung di UST saya coba tuliskan di sini beberapa informasi mengenai beasiswa ini.

Sekilas Tentang University of Science and Technology (UST)

Sebelum saya sampaikan detail beasiswa ini, perlu kiranya saya ulas sedikit tentang University of Science and Technology (UST) Korea. Karena kampus yang satu ini memang terbilang “istimewa” dan “berbeda” dengan kampus-kampus atau perguruan tinggi lainnya di Korea. Berikut diantaranya:

  • University of Science and Technology (UST) adalah universitas negeri di Korea yang merupakan gabungan dari berbagai lembaga penelitian di Korea. Total ada 33 Research Institute yang bergabung dalam payung UST.
  • UST hanya membuka graduate program atau hanya program S2 dan S3 saja yang diterima kuliah di sini.
  • Lokasi kampus ada di beberapa kota antara lain: Seoul, Incheon, Suwon, Changwon, Ansan, Seongnam dan Daejeon sebagai pusatnya. Menurut UST Map Campus, ada setidaknya 21 institusi riset di Daejeon. Untuk detail institusinya apa saja bisa dilihat di daftar 32 Research Institute UST atau klik di sini. Adapun detail lokasi kampus bisa dilihat di UST Campus Map atau klik di sini
920_BBS_202105041145495970.jpg;jsessionid=B7654AB722259762F53C934D7E0AF941

Kampus UST di Daejeon

Jadi, karean UST ini merupakan kampus pascasarjana, secara sederhana dapat dijelaskan bahwa mahasiswa UST utamanya melakukan penelitian di UST Campus yang berada di salah satu diantara 32 Research Institute yang tergabung di UST. Hal ini seperti ditulis di websita UST: A university where 32 national research institutes come together on one campus. Masing-masing institute punya bidang spesifik, dengan supervisor atau Professor yang sekaligus peneliti di Institute tersebut.

UST Scholarship 2022

Selanjutnya mengenai beasiswa yang ditawarkan oleh University of Science and Technology (UST) untuk periode Fall 2022, berikut ini posternya:

UST Admission 2022

Berikut ini saya rangkumkan beberapa detail dari beasiswa ini:

  • Period of application submission: 16th(Wed.) March 10:00(KST) ~ 6th(Wed.) April 17:00(KST), 2022
  • Financial support (monthly payment): 1,600,000 won (PhD) dan 1,200,000 won (Master). Sebagai catatan bahwa standar beasiswa ini umumnya lebih tinggi dibandingkan kampus lain, hal ini karena mahasiswa UST dikategorikan sebagai student researcher yang ibaratnya adalah “pekerja riset” yang “nyambi kuliah”. Ini saya akui beasiswa untuk PhD lebih besar dari punya saya…HEAT Scholarship…haha
  • Hanya boleh apply di satu admision/program saja. If an applicant applies for more than one admission type, all of their applications will be revoke

Panduan dan Persyaratan Beasiswa

Secara umum persyaratan beasiswa ini hampir sama dengan beasiswa lainnya. Berikut diantaranya:

  • Proposal for Study [Form 1]
  • Bachelor and/or Master’s Degree or Certificate of Expected Graduation
  • Bachelor and/or Master’s Degree Transcript
  • Recommendation letter (at least 1, maximum of 2) [Form 3]
  • Official English Test Scores (IELTS 6 or TOEFL IBT 79 or TOEFL PBT 59). Catatan: TOEFL-ITP, TOEIC, TOEIC Institutional Program, duolingo are not acceptable.

Lebih detail mengenai persyaratan dan teknis pendaftarannya silakan baca dan pelajari di panduan lengkap S2 dan S3 di University of Science and Technology (UST) Korea untuk periode Fall 2022. Pada panduan (admission guideline) terdapat info lengkap tentang besiswa, persyaratan, dokumen yang diperlukan hingga cara mendaftarnya. Silakan bisa dibaca dan download panduan serta formulir beasiswanya sebagai berikut:

Khusus mengenai recommendation letter ini, jika ada mahasiswa Indonesia yang tertarik untuk bidang-bidang tertentu dari teman saya yang sedang kuliah di sana mungkin bisa membantu untuk mendapatkan rekomendasi dari Profesornya. Silakan bisa kontak ke saya untuk saya hubungkan dengan beliau. Karena dia juga berharap akan semakin banyak mahasiswa Indonesia yang diterima di UST. Sama halnya dengan saya, jika ada mahasiswa Indonesia yang tertarik join di kampus saya Kangwon National University, insyaAllah saya akan senang sekali membantu meskipun sekedar tanya dan diskusi.

Demikian informasi beasiswa S2 dan S3 di University of Science and Technology (UST) Korea untuk periode Fall 2022. Lebih detail tentang beasiswa ini bisa akses informasi di website admission University of Science and Technology (UST) di menu NOTICE atau website UST. Atau jika ada pembaca yang mengetahui informasi lainnya seputar GKS Scholarship bisa ditambahkan dan disampaikan di kolom komentar. Semoga bermanfaat.

Chuncheon City, Korea, 08 Maret 2022.

*******************************************************************************************************

References:

4 comments

  1. Nurul · · Reply

    Halo kak, boleh minta kontak yg bisa di hubungi? Pengen cari beasiswa tapi bingung di surat rekomendasi nya

    Like

    1. Silakan bisa email ke saya, insyaAllah nanti sy kasih kontaknya. (alamat email) ada di menu contact).

      Like

  2. Rizka Try Gustina · · Reply

    Halo kak, saya berniat untuk mengapply beasiswa ini untuk semester 2 2022. Boleh minta kontak yang bisa dihubungi? Terima kasih.

    Like

    1. Oh bisa, ada beberapa teman di UST. Silakan email ke saya (lihat contact) nanti sy kasih kontaknya.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: