Mengenal Kampus Unggulan di Thailand

Oleh: Heri Akhmadi, M.A.

Tulisan saya kali ini mengenai “Mengenal Kampus Unggulan di Thailand” merupakan respon dari beberapa pertanyaan sahabat pembaca tentang bagaimana memilih kampus yang tepat di Thailand sesuai dengan bidang studi atau rencana masa depan pendidikannya. Diantara beberapa pertanyaan misalnya kampus yang bagus untuk kuliah jurusan teknik dimana? Kalau jurusan  bahasa dimana kampus terbaiknya? dan pertanyaan lainnya seputar kampus di Thailand.

Pada dasarnya informasi tentang kampus ini bisa didapatkan cukup dengan googling saja, bahkan mungkin akan anda dapatkan jauh lebih banyak infonya daripada tulisan satu halaman saya ini. Hanya saja yang saya sampaikan di sini tidak berdasarkan informasi dari pihak lain (bahasa ilmiahnya data sekunder…hehe), namun dari pengalaman saya sendiri baik sebagai mahasiswa maupun saat saya berkunjung di sana. Kampus-kampus unggulan yang saya bahas di tulisan ini semuanya pernah saya kunjungi, bahkan ada yang beberapa kali karena ada beberapa kegiatan di sana.

Setidaknya ada 10 universitas di Thailand yang saya pernah mengunjungi langsung ke kampusnya:

  1. Chulalongkorn Unversity
  2. Mahidol University (Phaya Thai Campus and Salaya Campus)
  3. Kasetsart University
  4. Thammasat University
  5. King Mongkut University of Technology Thonburi
  6. Burapha University
  7. Mae Fah Luang University (Chiang Rai)
  8. Khon Kaen University
  9. Silpakorn University
  10. Ramkhamhaeng University

Untuk itu, melalui tulisan ini saya akan mencoba memulai mengenalkan kampus-kampus (unggulan) di Thailand yang saya ketahui dan juga pernah saya kunjungi langsung serta mengenal beberapa rekan mahasiswa Indonesia yang kuliah di sana. Beberapa diantaranya misal (tentu saja) kampus almamater saya (hehe), Chulalongkorn University, “saudara mudanya” Mahidol University yang terkenal dengan kajian kedokteran dan ilmu-ilmu kesehatannya (kampus istri saya…hehe) dan lainnya semisal Kasetsart Unversity yang terkenal dengan kajian pertaniannya, King Mongkut University of Technology (KMUTT) yang terkenal sebagai kampus teknik dan lainnya.

Karena banyaknya kampus dan tentu akan banyak yang dibahas, insyaAllah saya akan membuat tulisan ini berseri. Dan untuk awalan berikut ini sekilas kampus-kampus unggulan di Thailand.

Chulalongkorn University (Bangkok)

Chulalongkorn University atau kalau dalam Bahasa Thai disebut จุฬาลงกรณ์มหาวิทยาลัย (baca: Chulalongkorn Mahawitlayai) dan dikenal juga dengan panggilan singkat Chula merupakan institusi pendidikan tinggi pertama di Thailand. Nama universitas ini diambil dari inisiator pendirinya yaitu Raja/King Chulalongkorn. King Chulalongkorn adalah Raja Thailand yang terkenal sebagai Bapak Thailand Modern, karena terkenal memodernkan Thailand dari sebuah negara kerajaan.

Di Depan FE Chula Kampus Tercinta

Dengan tagline “Pilar of The Kingdom”, Chula adalah representasi dari pendidikan tinggi di Thailand. Kampus Chula hanya ada satu di Bangkok, yaitu daerah pusat kota tepatnya di distrik Pathumwan. Daerah strategis di pusat kota dan pusat perbelanjaan di Bangkok.

Sebagai kampus yang sudah lama berdiri, hampir semua bidang kajian ada jurusan ada di Chula. Mulai dari jurusan-jurusan klasik seperti Ekonomi, Hukum, Politik, Komunikasi, Teknik, Kedokteran, Farmasi, hScience/MIPA bahkan pendidikan dan olah raga ada di Chula.

Dan oleh karenanya bisa dikatakan Chula unggul di semua bidang kajian ilmu (ini bukan karena say alumni Chula ya…hehe). Namun kalau boleh saya berpendapat, bidang-bidang yang Chula unggul adalah di bidang ekonomi (sekali lagi bukan karena saya alumni FE Chula ya…hehe) dan teknik.

Di Komplek Auditorium Chula

Untuk kajian ekonomi dan bisnis sendiri di Chla ada dua fakultas, yaitu Fakultas Ekonomi dan Fakultas Akuntansi. Bisa disimpulkan kalau bahwa bidang ekonomi mendapatkan perhatian. Bidang lainnya yang juga unggul adalah kajian ilmu-ilmu sosial humaniora seperti ilmu politik, sastra dan komunikasi. Menurut saya Chula unggul dibandingkan kampus lainnya di Thailand.

Mengenai peringkat kampus sendiri, menurut data QS University Ranking 2018 2021, Chula menduduki ranking ke 271 208 dunia dan nomor 1 di Thailand. Data ini (artikel ini pertama ditulis 2018) menunjukkan kalau ranking Chula semakin baik di dunia dan bisa mempertahankan menjadi yang pertama di Thailand.

Mahidol University

Mahidol University (baca: Mahidon University) merupakan kampus negeri yang terkenal di Thailand. Kampus ini terkenal akan kajian kedokteran dan kesehatan. Hal ini karena pada awal berdirinya merupakan sekolah kedokteran dan kesehatan sebagai bagian dari awal berdirinya Siriraj Hospital, rumah sakit kerajaan Thailand.

Nama Mahidol sendiri diambil dari nama salah satu pangeran (prince) dari Kerajaan Thailand yaitu Prince Mahidol of Songkla. Prince Mahidol sendiri terkenal sebagai ‘Father of Modern Medicine and Public Health in Thailand‘. Slogannya yang terkenal adalah “Wisdom of The Land”.

Mahidol University Salaya Campus

Mahidol juga merupakan satu-satunya kampus di Thailand (mungkin juga di dunia) yang mempunya 2 (dua) fakultas kedokteran sekaligus. Yaitu Faculty of Medicine Ramathibodi Hospital dan Faculty of Medicine Siriraj Hospital. Uniknya juga nama fakultas ini dinisbatkan ke rumah sakit tempat bernaungnya bukan ke kampusnya.

Salah satu sudut di Kampus Mahidol Salaya (31 Mei 2015)

Mahidol juga mempunyai 2 kampus yaitu kampus utama di daerah Salaya (Mahidol Salaya Campus), yang terletak kurang lebih 26 Km arah barat Kota Bangkok. Sedangkan kampus kedua di Bangkok, yaitu di daerah Phaya Thai dimana disini terletak Fakultas Farmasi dan Faculty of Science serta Faculty of Medicine Ramathibodi Hospital.

Di kampus Salaya merupakan kampus pusat dari Mahidol, dimana kantor-kantor administrasi tingkat kampus ada di sini. Termasuk rektorat, graduate school, asrama mahasiswa dan gedung pertemuan untuk tempat wisuda dll. Komplek kampusnya sangat luas, meski telihat sepi karena lokasinya di luar kota.

Saya sendiri pernah 3 kali ke kampus Mahidol Salaya ini. Satu kali ada acara Ngajikok PERMITHA (PPI Thailand), dua kali mengantar istri ngurus visa dan administrasi wisuda. Kalau dari Bangkok ke kampus Salaya paling tidak seharian waktu diperlukan, selain karena waktu untuk menyelesaikan urusan juga perjalalanan yang cukup lama (2 jam).

Thammasat University

Thammasat University (kadang cukup disebut Thammasat) pada awal sebelum menjadi universitas seperti sekarang (tahun 1933) merupakan Fakultas Hukum dan Ilmu Politik (Faculty of Law and Political Science) dari Culalongkorn University yang dirubah menjadi universitas dan kemudian diberi nama Thammasat University. Hal inilah barangkali yang menjadi salah satu alasan mengapa Thammasat terkenal akan kajian ilmu sosial humaniora.

Mahasiswa Chula dan Mahidol di Kampus Thammasat…hehe

Seperti halnya Mahidol, Thammasat juga mempunyai 2 buah kampus yaitu kampus pertama di Bangkok atau dikenal dengan Trapachan Campus. Terletak di tengah kota Bangkok, tepatnya di depan alun-alun kota, Sanam Luang di sebelah utara Grand Palace. Selama di studi di Thailand, setidaknya saya sudah 3 kali mengunjungi kampus ini.

Kasetsart University

Kasetsart University dari namanya sudah mencerminkan kampus apa ini. Kata Kasetsart sendiri artinya pertanian. Jadi kampus ini merupakan kampus nomor wahid untuk kajian ilmu-ilmu pertanian di Thailand. Saya sendiri mungkin telah lebih dari 5 kali berkunjung ke kampus ini. Pertema saat semester pertama menjadi panitia AASIC International Conference PERMITHA/PPI Thailand pada tahun 2013. Kemudian beberapa kali acara PERMITHA juga di sini dan terakhir sebelum lulus saya sempat ke sini saat presentasi hasil riset thesis di konferensi yang diselenggarakan oleh Kasetsart.

King Mongkut University of Technology Thonburi (KMUTT) 

King Mongkut merupakan salah satu Raja Thailand dengan gelar Rama IV, beliau merupakan ayah dari King Chulalongkorn. Namanya diabadikan menjadi salah satu kampus ternama di bidang teknologi yaitu King Mongkut’s University of Technology Thonburi (KMUTT). Thonburi sendiri merupakan daerah di utara Bangkok, tepatnya di distrik Bang Mod.

Saya pernah sekali berkunjung ke KMUTT pada 30 Agustus 2014 saat PERMITA (PPI Thailand) mengadakan acara Ngajikhun, yaitu pengajian mahasiswa Indonesia di Thailand untuk tingkat nasional (Bangkok dan sekitarnya). Kampusnya besar, dengan fasilitas lengkap. Salah satu yang paling berkesan adalah perpustakaannya yang serba digital dan mempunyai musium di lantai 2.

Bersama Ngajikhun di Depan Perpus KMUTT

Pengelola/pimpinan kampus sangat welcome dengan mahasiswa Indonesia. Bahkan saat acara Nagjikhun mereka memberikan fasilitas ruangan yang memadai dan dukungan acara (snack dll). Pimpinan universitasnya (wakil rektor kalau ga salah) bahkan ikut memberikan sambutan.

 

Next…, Burapha University, Khon Kaen University, etc.

Yogyakarta, 1 November 2018 — (Last update 13 Juli 2020)

9 comments

  1. […] satu yang menjadi khas dari kampus di Thailand (setidaknya dari semua kampus yang pernah saya kunjungi) hampir di tiap gedung, biasanya di lantai dasar, selalu ada student lounge. Ruang terbuka berisi […]

    Like

  2. […] Bagaimana anda memilih kampus-kampus di Thailand yang jumlahnya banyak sekali? silakan anda bisa baca artikel saya tentang “Mengenal Kampus Unggulan di Thailand”. […]

    Like

  3. Puspita Bella Yanuardy · · Reply

    Assalamu’alaikum Pak Heri, terimakasih sebelumnya atas infonya yang sangat bermanfaat.. maaf pak mau nanya, bapak tahu tidak kalau untuk ekstensi dari D3/associative ke S1/bachelor di chula itu ada dan ada beasiswanya nggak ya?

    Like

    1. Kalau ekstensi dr D3 ke S1 sy belum tahu ada ga di Chula…Sy sendiri malah belum denger juga ada program D3 di Chula, demikian juga beasiswa nya

      Like

  4. JAMU GENDHIS · · Reply

    Pak, mau tanya dong, kalau mau menghubungi Kantor urusan International Chula ke siapa ya pak.. barangkali bapak kenal. Saya staf dari Kantor Urusan International STIE Ekuitas Bandung.
    terima kasih…

    Like

    1. Kalau international relation staff di fakultas (faculty of economics Chula) sy ada dan pernah beberapa kali ketemu dan kontak. Tp kalau di tingkat universitas mohon maaf saya tidak tahu. Dulu sewaktu kuliah untuk international student memang ada staff khusus di tingkat universitas yang menjadi PIC, tp itu bukan dari international relation tp dari urusan beasiswa. Coba langsung ke staff office of the president (rektorat) sj

      Like

  5. Tan Fer · · Reply

    Pak, saya mau bertanya mungkin bisa bantu share informasi. Saya berencana mau melanjutkan pendidikan dokter spesialis di thailand kira-kira untuk tahu universitas untuk dokter spesialis bagaimana? Dan untuk daftarnya bagaimana? Terima kasih

    Like

  6. Tan Fer · · Reply

    Pak, saya mau bertanya mungkin bisa bantu share informasi. Saya berencana mau melanjutkan pendidikan dokter spesialis di thailand kira-kira untuk tahu universitas untuk dokter spesialis bagaimana? Dan untuk daftarnya bagaimana? Soalnya saya sudah coba ngecek di websitenya langsung tapi kurang mengerti. Terima kasih

    Like

    1. Wah perlu lebih detail lagi itu spesialisnya apa. Btw, untuk disiplin ilmu kesehatan bisa coba ke Mahidol University, kampus no.1 utk kajian kesehatan di Thailand.Lengkap untuk bidang kedokteran, bahkan fakultas kedokterannya saja ada dua. Satu-satunya di Thailand, satu universitas mempunyai 2 fakultas kedokteran (Faculty of Medicine Ramathibodi Hospital dan Faculty of Medecine Siriraj Hospital, Mahidol University)

      Like

Leave a comment